Gratis Explore Ancol 2 Hari 1 Malam

DSCF1500 resized

Gimana rasanya begitu dapet kabar kalo lo dapet kesempatan GRATIS untuk “menjelajahi” Ancol selama 2 hari 1 malam ditambah nginep di Putri Duyung Cottage-nya?

Apa sih kata di atasnya BAHAGIA? Nah, itu.

Apalagi pas tau area yang bakal dikunjungi, duh langsung deh kebayang – bayang itu tempat – tempat super ciamik yang gue kunjungin GRATISAN selama “Piknik Explore Ancol by Detik Travel” di 7 – 8 Oktober 2017 lalu. Ada apa aja emangnya?

Ini nih :
–  Putri Duyung Cottage (nginep)
–  Dunia Fantasi alias Dufan
–  Ancol Beach + Aqua Fun
–  Allianz Ecopark, yang di dalamnya ada Learning Farm, Fauna Land, Eco Market dll.
–  Pasar Seni
–  Ocean Dream Samudra
–  Atlantis Water Adventure

Masih ga habis pikir kok bisa ya dapet gratisan buat explore semua itu. Soalnya gue anaknya mendadak suka ngitung gitu kalo jalan – jalan, jadi langsung kebayang deh di otak gue nominal yang seharusnya gue keluarin hahaha

Okay, ga usah lama – lama, kita mulai aja reviewnya, dan percayalah gue akan melakukan review se-objektif mungkin.

  1. Putri Duyung Cottage

Gue udah sempet tulis review detailnya di DetikTravel

Yang eye-catching buat gue sih cottage tipe Unique nya yang bentuknya mirip perahu, biasa dipake buat mereka yang lagi honeymoon dan dikasih gratisan buat mereka yang merayakan pernikahan mereka di Putri Duyung resort ini. Oke loh tempat wedding-nya,  kita bisa milih mau background laut atau danau, disediain juga gereja kecil alias chapel untuk resepsi pernikahannya. Cuss lah buat yang lagi cari tempat nikah, bisa langsung survey ke sini. hoho.

Selain itu ada cottage tipe Paus, ah, sayangnya gue ga sempet moto gara – gara sibuk makan dan sempet ketinggalan rombongan hahaha. Pokoknya itu tipe yang paling bagus, dan ada salah 1 cottage yang khusus disediain buat para pejabat dan gubernur Jekardah guys. Kebayang dong tempatnya kayak gimana? Pasti mevvah.

Kekurangan dari Putri Duyung Cottage ini merupakan salah satu kelebihannya. Maksudnya? Beberapa bangunan kelihatan jadul gitu alias kurang kekinian, tapi info dari pengelolanya, tahun depan akan dilakukan peremajaan. Waah, ga sabar buat disuru nginep gratisan lagi jadinya #eh.

Selain itu, ada kesan horor dan sedikit mencekam ketika masuk ke cottagenya apalagi pas gue nginep di sana, lampu kamar mandinya tiba-tiba mati coba, kan amsyiong mandi malem gelap-gelapan cuma kena pantulan lampu dari wc sebelah hahaha tapi petugasnya cekatan sih, abis komplain langsung dateng, cuma gue udah keburu mandi soalnya gue basah kuyup abis nyemplung ke pantai sorenya, dingiiin sampe ke tulang boo.

Tapi ASLI, tempat tidurnya nyaman banget, ditambah banyak banget spot instagrammable di sana, jadi buat lo yang suka foto-foto, silahkan langsung cuss nginep di sini bareng keluarga. Terus karena suasananya agak remang – remang gitu, cocok banget juga deh buat dijadiin destinasi honeymoon, if you know what I mean HAHA. Tolong yang otaknya keburu ngeres, disapu dulu. LOL.

Lanjut ke Dunia Fantasi alias Dufan, yeay! Nolstalgia masa muda


Paling antusias sih waktu kita berkesempatan ikut Amazing Race di Dufan. Jadi kita harus berkompetisi untuk mendapatkan foto paling banyak di wahana – wahana yang extreme di Dufan ini, sekaligus harus naik dan mencoba tentunya. Terus kenapa antusias? Soalnya kita dapet fasilitas gelang ‘Fast Trax’ yang juara dan sakti banget. Kenapa bisa dibilang sakti? Karena ada 14 wahana yang bebas antri cukup dengan pake gelang itu, padahal itu wahana -wahana yang kalo ngantri bisa abisin waktu 1-2 jam sendiri per wahana, sedangkan kita bisa bebas melenggang masuk dengan riang gembira, tanpa antri, sambil diliatin dengan tatapan membunuh dari pengunjung yang lagi sibuk ngantri haha. Secara itu kan di Weekend.

DSCF1428
Gelang Sakti bernama “Fast Trax”

Berapa duit sih kalau bayar sendiri untuk dapetin gelang Fast Trax ini? di luar tiket masuk (sekitar 250 ribu), kita perlu nambah sekitar 200 ribu, tapi menurut gue pribadi, itu WORTH IT banget karena lo jadi bisa main jauuuh lebih banyak wahana tanpa harus ngebuang – buang banyak waktu di satu tempat. Walaupun kalo ditambah harga tiketnya jadi sekitar 500 ribuan/orang, tapi beneran ini sebanding banget. Kalian harus coba!

Ga sampe disitu aja, gue juga berasa jadi artis deh selama 2 hari, soalnya fotografer pihak Ancol sama Detik.com ngikutin kita mulu buat ambil foto – foto kita. Duh, ternyata gue belom siap jadi artis hahaha soalnya muka gue kurang photogenic pan yak, pipi gue selalu mendominasi di setiap foto yg diambil. HAHA.

Di Dufan ini, gue nyobain deh tuh wahana-wahana extreme semacem Tornado, Halilintar, Kicir-kicir, Kora-kora, sampe yang basah-basahan, Arung Jeram, dan wahana seru semacam Ice Age, the Mysterious Island dan lain-lain. Ternyata jantung gue masih kuat lho hahaha. Walaupun takut banget eneg setelahnya, tapi ternyata engga tuh. YEAY!

Jantung mau copot mewarnai setiap perjalanan gue, tapi karena ini gratis, SERU banget deh.

Eh, ada yang baru lho di Dufan, khusus buat anak-anak. Kawasan ini ada di dalemnya Dufan dan ga perlu lagi beli tiket tambahan, namanya Dream Playground.

Kawasan ini di-claim sebagai wahana permainan anak-anak terbesar di Indonesia. Berbagai permainan semacam mini soccer, trampolin sampai berbagai ukuran lego ada di sini.

Yang ga kalah seru, ada Ancol Beach + wahana Aqua Fun-nya.

Gimana suasana pantai Ancol di hari Sabtu sore kira-kira? Iyaps, penuh banget kayak cendol ngambang guys. Haha. Tapi kalo sebelomnya ada isu kalo aernya kotor banget, menurut gue engga terlalu ya, asal ga lo bandingin sama pantai di Lombok atau dimana gitulah, ini ibukota yang padat penduduk guys haha. Cuma emang sempet epic gara-gara rombongan kita ngeliat ada BH alias bra ngambang dan nyangkut di pinggiran batuan (serius, mungkin itu punya putri duyung yang lepas guys HAHA).

Yang special dari pantai Ancol adalah pasir putihnya yang khusus didatengin dari Belitung, effort banget ya, bahkan mereka punya alat sendiri yang modelnya mirip traktor gitu deh yang bisa nyaring pasir yang kotor terus jadi kinclong sendiri. Keren. Ditambah Ancol sekarang udah punya kebijakan untuk mengelola sampah mereka sendiri, udah sekitar 70% sampah yang ga mereka buang ke TPU, dan mereka lagi mengupayakan untuk kelola 100% sampahnya sendiri dengan mesin yang ga bisa dibilang murah tentunya. So cool!

Selain itu, kawasan Ancol juga mendukung yang namanya Go Green loh. Stereofoam sangat dilarang di sana, so bakal susah kalian nemuin makanan dan minuman yang menggunakan stereofoam, bahkan p*p mie sekalipun sekarang dijualnya cuma yang kemasannya dari plastic (gue udah pastiin sendiri).

Ada juga Allianz Ecopark, yang di dalemnya terdapat Learning Farm, Fauna Land, Eco Market dan Pasar Seni. Yuk, kita bahas satu-satu.

Hari kedua, dibuka dengan sarapan di Eco Market dan mampir ke Learning Farm

Di Eco Market sendiri, ada banyak banget makanan yang sanggup bikin ngiler dan takut nyesel kalo ga dibeli haha.

Review detail soal Eco market ada di artikel yang gue tulis buat Detik Travel di sini.

Yang unik, ada nasi biru yang terbuat dari bunga telang. Boleh banget dicoba tuh karena banyak manfaat untuk kesehatannya.

Fauna Land

Fauna Land ini tempat di mana hewan-hewan langka dan satu-satunya berada. Ada macan putih dan berbagai hewan ajaib di sana.

Review soal Fauna Land, yang pas banget buat jadi destinasi liburan keluarga terutama bagi mereka yang punya anak kecil, ada di sini.

Pasar Seni

Sesuai namanya, banyak banget pengrajin seni di sini,  kalian bisa buat lukisan wajah kalian dengan harga yang beragam, tapi termasuk murah – murah kok. Banyak juga spot buat foto-foto di sini. Pasar seni ini areanya cukup luas dan seringkali dijadikan tempat gathering oleh berbagai perusahaan. Ditambah adanya area panggung hiburan yang sanggup menjadikan acara kantor lebih berwarna.

Ocean Dream Samudra

Di sini, kita sempat disuguhkan dengan gratisan nonton film 4D, itu loh yang kursinya bisa goyang – goyang plus pake kaca mata 4D yang efeknya suka bikin kaget dan pengen nampol orang. HAHA.

Yang seru dari Ocean Dream Samudra, kita boleh lihat langsung penangkaran singa laut loh, dan ternyata masing – masing singa laut itu punya kamar beserta kolam renang pribadi gitu, seru banget. Penasaran?

DSCF1606
Tuh keliatan kan kolam pribadinya? Lumayan dalem loh itu

Perhatiin deh ada kolam pribadinya, keliatan ga? Lumayan dalem loh itu kolamnya. Keren yah haha.

DSCF1604

Ternyata sebelum mereka siap untuk pertunjukan di depan banyak pengunjung itu, mereka akan dilatih terlebih dahulu. Cuma buat hewan yang baru sampai di sini, biasanya mereka liar dan agresif gitu, nih liat, begitu ada pengunjung langsung nyosor begitu, serem.


Atlantis Water Adventure

 DSCF1616 res

Kalau di Atlantis Water Adventure ini, banyak banget wahana air yang seru dan menantang adrenalin gitu deh. Lebih seru lagi kalau ngajak anak – anak ke sini. Mereka pasti girang banget tuh ngeliat ada kolam arus, perosotan berbagai macam jenis, dan sebagainya. Seru abis!

Begitulah rangkuman kegiatan selama di Ancol yang lalu. Ancol sendiri punya visi yang keren banget, sebagai kawasan yang ga cuma menghibur, tapi juga mendidik dan membangun karakter setiap mereka yang berkunjung.  Awesome!

Thanks for such a chance to explore Ancol. It was more than just awesome! I Love Ancol even I’m not a kid anymore hoho.

So, tunggu apa lagi? Yook kita mampir ke Ancol dan ajak semua keluarga besar kitaa 🙂

5 comments

Leave a comment