My Daily Skincare Review

8

Well, akhirnya niat untuk mengulas seluruhhh skincare yang selama ini aku pakai setelah sepenuhnya LEPASSSH dari krim dokter E*ha Clinic pun berhasil aku kumpulkan. Semoga postingan kali ini bisa berguna bagi kalian ya, terutama para pejuang dengan kulit sensitif. Bukan berarti kulit aku udah flawless kayak Song Hye Kyo gitu yaa, no no no, belom! Haha. Cuma jauh lebih baik aja. Problemku sih lebih ke flek hitam ya.

Sebagai pembuka, alasan kenapa akhirnya aku memutuskan untuk tidak melakukan perawatan muka di E*ha lagi adalah karena efek obatnya yang cukup ketergantungan di kulit aku dan mengingat biaya konsultasi ke dokternya yang sekali dateng aja Rp 175.000 di luar obat-obatan apalagi treatment semacam facialnya gitu kok kayanya sayang yaah. Sambil menatap lirih ke dompet.

Baca juga :

Pengalaman ke Erha Clinic

Nyobain Laser Muka di SUMIA Clinic

Karena alasan itulah aku pun mencoba mencari alternatif lain yang sekiranya lebih organik dan aman (terutama di kantong cin).

Awal – awal lepas, mukaku sempet balik lagi ke awal, flek hitam mulai bermunculan kembali sodara-sodara, kusem sempet balik juga, beruntusan nih yang paling keliatan, langsung nyerbu lagi semuka. Wow. Panik haha.

Jadi, awal-awal banget, aku masih pake tuh pembersih muka E*ha sampai habis, karena emang cocok dan ga ada kendala. Tapi untuk perawatan di pagi hari, aku mulai dengan penggunaan toner si Pond’s (yang pink) dilanjut sama Moisturizernya E*ha yang bisa dibeli lepasan tanpa konsul/ resep dokter. Itu bagus banget asli buat kalian yang kulitnya kering, banyak banget review dari para beauty blogger yang cocok sama mosturizer E*ha ini. Aku pun termasuk yang teracuni dan sekarang ini lagi berusaha meracuni hehehe.

Sementara untuk sunblock, aku langsung beralih ke si Cetaphil Sunscreen spf 50 karena untuk Sunblock dari E*ha bisa nimbulin komedo dan berminyak gitu di mukaku, ditambah bedak tabur Innisfree no mineral sebum supaya tampilan akhirnya matte dan ga berminyak. Fyi, warnanya transparan ya dan ringan banget di muka,  berasa ga pake bedak dan ada efek halus ke muka. Lalu, aku pun langsung bergegas ke kantor tanpa pakai apapun lagi. Nah, krim pagi dari dokter udah ga dipake lagi ya.

Malemnya, abis cuci muka pakai sabun muka E*ha, aku pun menggunakan toner Pond’s dan langsung dilanjut pakai Serum dari E*ha, ini serumnya juga bagus dan cocok di kulit aku, awal pemakaian sempet ada sensasi hangat gitu di muka, cuma lama-lama kayanya kebal ini muka badak haha. Review yang aku baca soal serum ini juga banyak dan kebanyakan cocok, makanya aku beli. Wanginya juga oke banget, mirip madu gitu. Teksturnya agak lengket. Bye bye ke krim malem dari dokter (yang padahal ampuh banget ngilangin flek cuma bikin muka jadi gampang merah – merah gitu, katanya sih itu tanda kulit jadi tipis).

1
Produk Erha yang masih aku pake

Udah deh, tidur cantik. Bangun – bangun kulit halus.

Sebenarnya, dengan ritual pemakaian skincare yang seperti di atas itu, kulitku ga  banyak bermasalah sih, no kusam, no beruntusan. Cuma kok ngerasanya masih penasaran banget karena pori – pori masih gede dan flek hitam alias freckless masih keliatan buanyak di muka. Jerawat juga kok masih suka muncul. Fyi, waktu pake obat dokter itu si flek emang jauh banget berkurang. 

Pagi : 
Cuci muka pake Hada Labo
Toner/ clear lotion SK-II (seringnya sih lupa pake haha)
Lanjut mosturizer E*ha (ini juga sering lupa haha)
Sunblock Cetaphil
Bedak tabur Innisfree no mineral sebum

6

Cuss..

Malam :
Toner/ clear lotion SK -II
Serum / Facial Treatment Essence (FTE) SK – II

4

*Review SK-II, aku beli yang kemasan kecil. Tau kan kenapa. Pertama, lumayan mahal. Kedua, takut nyesek gitu kan udah mehong eh ga cocok. Ternyata gimana? Awalnya sempet kayak ada proses detoksifikasi sih alias ngeluarin racun gitu, sempet kayak keluar sedikit beruntusan di pipi dan jerawat kecil cuma ga berlangsung lama, maybe semingguan aja. Abis itu, muka jadi lebih kinclong dan haluss. Sekarang lagi nabung nih karena toner sama serum FTE-nya udah pada mau abis huhu dan COCOK ternyata. Huahaha. Eh tapi, si SK-II ini pernah tiga kali gue iseng peperin ke muka laki gue yang cenderung oily, dan muncul jerawat dong, terus gue dimarahin wuahaha. Kurang paham juga sih itu detox atau gimana, cuma mungkin kalo kulit kalian oily, cobanya harus lebih hati – hati hehe.
 

Nah, terus kalo muka lagi berasa kotor terutama komedo di idung muncul, seminggu sekali aku coba pake Apricot Scrub dari St. Ives. Itu enak banget gilaa. Muka berasa bersih bangeet, walaupun karena scrubnya agak kasar, kadang muka merah – merah sebentar (terlalu nafsu kakak gosoknya haha), tapi masih oke lah. No problem. Hasilnya: Muka rasa kulit bayi. Hihi. Mulusss deh langsung. Apalagi kalo ditambah pake pencetan komedo yang harganya murce beli di Tokopedia, aduh makin kinclong deh berasanya ini muka.

Terus kalo muka kayak lagi lelah atau kotor tapi baru banget pake scrub, aku biasanya pake Masker yang bisa di peel off alias dikupas alias dikletekin, whatever itulah, dari Freeman. Wagelaseh, itu enak banget, ada sensasi dingin bin adem di kulit. Apalagi pas dicabutin itu masker yang udah ngeringnya, duh berasa bersih sih sih muka kita. Must have and try banget deh pokoknya!

5

Kadang, pake masker water sleeping mask dari Laneige juga yang tubenya warna biru, beli yang kecil gitu, lupa ga ke foto, itu bagus juga deh, bangun – bangun muka jadi halus dan kenyel. Duh, surga.

Kalo eye sleeping masknya, entah deh, apa karena jarang dipake juga ya (yaa iyaaa gimana sih), jadinya ga ngefek dong hahaha.

Okay, sekian review skincare yang aku pakai sekarang ini. Kendala yang masih nemplok sampai hari ini ya si flek hitam aja nih sama komedo di idung sih yang masih harus dibersihin secara berkala gitu. Sisanya, secara tekstur kulit, no jerawat, beruntusan, kusem udah jauh banget lebih baik. Untuk flek, maybe kapan2 mau cobain laser flek hehe.

Sebenernya aku termasuk yang telat banget gitu sih soal peduli sama perawatan muka, umur 26 alias pas udah nikah gitu deh baru sadar kalo itu penting. That’s why, buat kalian yang masih jauh lebih muda atau lebih peduli semoga ga sempet terjerembab juga hehe. Ayo kita rawat ini muka kita satu – satunya, karena cuma muka ini yang akan kita bawa sampe mati sis. Kecuali mau oplas yaa huehehe.

Inget juga nyinyiran hits yang berkembang luas di masyarakat.

“Muka tuh dirawat, bukan di edit!”
Wuahaha Kesel ya, atau paling engga, kita tutupin pake make up lah ya, seperti yang baru – baru ini aku pelajari (dan ternyata ngabisin uang juga ye) 😂

Cewek tuh bener – bener yah, modalnya harus kenceng yaa. Huehehe.

Terima kasih udah baca sampe abis. Semoga berhasil meracuni yaa HAHAHA.

8

Btw mengingat harga skincare ga murah, better kalau kita coba beli dulu yang ukuran kecil, dan beli satu per satu produk sekalian liat reaksinya ke kulit kita, apalagi buat kamu yang kulitnya super sensitif juga. Please, jangan impulsif! *ngomong ke diri sendiri Haha.

Kalau ada yang punya produk kecantikan andalan, boleh banget sharing yaa 🙂

Updated: Time flies, sekarang ini, per Desember 2020, skincare harianku adalah Facial wash SKII — ga mengandung SLS, tapi mengandung Paraben — bumil jangan pakai ya, terus pakai Lotion/Toner SKII, Sunscreen Anessa Shiseido (ini sunscreen terbaik deh dari Jepang), Vit. C dari Aqua+ (awal pake agak cekit – cekit di kulit, lama2 enak banget hehe), dan seminggu sekali pakai sheet mask merk apapun yang ga ada kandungan Alcoholnya, rekomen merk Mediheal, yang terbaik masker punya dr Schatz.

Jadi pagi itu pakai facial wash, toner, sunscreen. Kalau malam, facial wash, toner, vit. C.

Kalau ada yang mau ditanyakan, boleh banget via kolom komentar, email ke dessy3natalia@gmail.com atau DM Instagramku ya @dessydonat

Disclaimer : Semua produk yang aku coba ini kemungkinan bersifat subjektif dan tergantung jenis kulit masing – masing orang. Kebetulan kulitku ini jenisnya yang sensitif.
Selamat merawat muka sejak dini, karena muka ini aset sampai mati nanti – Dessy Donat

Nyobain Laser Muka di SUMIA Clinic

55 comments

  1. Aku jg cocok pake SK II, klo freeman aku pernah coba sabun mukanya cocok jg, tp ngga jual disinikan ini produk jd ngga diterusin, aku pake sabun muka SK II saja

    Like

  2. FTE harganya emang luar biasa yah, tapi banyak yang bilang efeknya luar biasa juga. Cuma tetep ajaaa… pasti nangis kalo liat harganya :””D Katanya ada versi dupe Koreanya buat SKII FTE itu, brand Secret Key FTE. Harganya jauh lebih murah. Mbak udah pernah nyoba?

    oh iya, salam kenal ya mbak!

    Like

    • Halo Mbak Mega, salam kenal 😉
      Makasih sudah mampir.
      Wah, aku malah baru denger nih soal Secret Key itu hehe. Boleh nih kalo nemu produknya, pengen coba. Katanya sih di Indo sini ada dupenya juga, si V2H face and body serum. Lg nyari2 juga nih hehe. Makasih infonya Mbak 🙂

      Like

    • Halo Mbak, sebenernya aku penasaran banget sm aloe vera itu hehehe. Cuma aku masih agak ragu karena ada tmn yg malah jd kering mukanya. Ku pun takut jadinya hehe 😂 Mbak pernah coba kah?

      Like

      • hai mbaa. klau muka berjerawatbpak sk11 aman g ya. atau ada rekomen buat yg muka gampang berjerawat.

        Like

      • halo kak, maaf ga berani rekomen nih takut ga cocok hehe. saya cuma taunya kalo jerawat jgn pake yg scrub sama whitening aja sih kak. kalo utk skii mgkn bs coba yg kecilnya dulu aja yg sample size hehe

        Like

  3. Aku juga dulu pasien erha tapi skrng beli yang di apotiknya aja jadi ngak perlu ke dokter. Ketergantungan pada obat dokter ngak baik untuk kesehatan kulit di jangka panjang, kecuali memang kulitnya bermasalah.

    Like

    • Halo Mbak, aku ganti2 kadang pakenya hehehe. Dan untuk st ives, sama, aku pun pakenya seminggu sekali. Coba aku edit, supaya ga salah paham. Hehe, betul itu, Kalo setiap hari, kulitku makin tipis nih kayanya hehe.

      Like

  4. Muka aku termasuk yang paling cepat merah, apalagi kalau aku gosok terlalu nafsu :).
    Itu ternyata indikator kulit wajah kita mulai menipis ya…?
    Baru tahu aku…

    Aku mulai pakai krim malam sejak 2007. Sudah mau 11 tahun.
    Tapi ya itu pakainya sudah telat, flek wajah sudah tebal saat itu.

    Malah sempat ikut chemical peeling yang super perih itu dulu.
    Memang sih muka jadi kinclong setelah terkelupas kayak zombie.
    Tapi sudah berhenti kog, gak pernah lagi ikutan chemical peeling, karena mehong, kwkwkw…

    Mulai hari ini aku mulai coba krim pagi dari Gizi super cream.
    Jadi belum bisa kasih review.
    Mau coba-coba puasa krim malam, juga.
    Will see, laaa…

    Masalah aku cuma satu sih, flek saja dan usia sudah ‘jelita’ *_~

    Like

    • Ya ampun Bun, aku malah baru umur segini udah banyak flek juga 😂😂 aku pun telat Bun.

      Penasaran juga nyoba chemical feeling tapi takut dan sayang uang Bun hehee. Makasih udah ya sharing yaa Bun 😙

      Like

  5. well pas lagi searching2 di google tentang skincare2 gitu eh ketemu blog nya mba kece ini hehehe
    makasi banyak mba jadi bisa tau lebih banyak tentang skincare dokter kulit dll, singkat cerita temen aku nyaranin ke erha sih tp aku masih takut soal nya bahaya nya krim dokter dll
    btw aku punya masalah sama kek kakak

    Like

    • wah makasih udah mampir yaa hehe 🙂
      nah, mungkin kita coba yg lebih organik / alami dulu kali ya. sk-ii juga oke dan kalo diitung2 karena sk-ii pemakaiannya lebih irit, bisa lebih murah daripada ke Er loh hehehe. good luck yaa

      Like

      • oh iya btw aku cowok loh kak skrg umur 24, hehe yg termasuk telat sadar bahwa penting nya ngerawat muka,
        kalo boleh cerita sebelum nya wajah ku normal aja cuma bermodal fw dari garnier+ scrub nuskin (gratis) + masker qiansoto
        tp semuar berubah setelah ada pelatihan wajib militer dari kantor, sekarang wajah dan leher hitam dan kusam
        ada rekomendasi gk kak perawatan drugstore apa gitu yg bisa dipakai, btw thank a lot di bales nya cepet banget ^^

        Like

      • Eh sorry2 haha.
        Sejujurnya aku ga berani kasih rekomen karena aku pun masih bergumul sama flek di muka hehe.
        Cuma kalo misal kusam aja, scrub seminggu sekali sama masker seminggu 1-2x udah cukup kok harusnya. Jangan lupa sunblock setiap hari! Hehe good luck.

        Like

  6. yups thx kak, ini aku mau coba pake nature republik yg lagi hits itu, kk udah pernah pakai blm ??
    iya ini kusam nya wajah dan leher berbeda dengan badan, bisa di bilang belang malah heheh

    Like

    • Aku punya si Nature Republic tapi baru pake seminggu jadi lotion ke tangan dan kaki haha. Soalnya masih takut kalo ke muka. So far, ke kulit tangan dan kaki oke sih padahal kulitku kering dan gampang alergi. Kalo kamu mau coba, mungkin bisa coba dulu ke leher sambil liat reaksinya. Baru mulai ke muka misalnya ke jidat dulu. Kalo cocok baru geser pelan2. Soalnya kalo ga cocok, sedih kan hehe

      Like

  7. Setuju sama serum erha-nya! Aku ada beruntusan bikin hilang beruntusnya dan bikin jerawat kering 😀 muka juga kata orang rumah jadi lebih cerah hahaha. Anyway salam kenal Mba!😉

    Like

  8. Minta saran dong mba. Umur sy 20th sy mau ke dr erha nih tp masih ragu. Karna muka ga jerawatan cuma pengen putih bersih dan glow doang git hehehe. Kira kira kalo ngikutin saran mba yg diatas gimana ya? Apa ada saran lain mba? Hehe makasih

    Like

    • saranku sih daripada ke dokter kulit, mungkin bisa dicoba dulu seminggu sekali scrub dan pake masker2 yg ada efek whiteningnya seminggu sekali. daripada ke dokter hehe. takutnya ga cocok dan malah ketergantungan sis. semoga membantu yaa.. yg lg hits sih produknya Miels. karena dia natural yaa.. good luck..

      Like

  9. Ka aku beruntusan sama jerawat ka, ga terlalu banyak sih jerawat 2 atau 3an aja gitu ka, kirakira tahap tahap dari sabun dll yg harus aku pakai apa ya ka? Aku udh banyak produk tapi gaada yg berhasil ka😥 bisa tolong ga ka aku baru liat ini soalnya

    Like

    • halo Chacha,
      kamu biasa pake sabun cuci muka apa?
      biasanya kalo untuk beruntusan dan jerawat, kamu harus cek satu2 produk yg skrg kamu pake dulu. yg mana yg cocok dan yg engga.

      misal untuk sabun cuci muka, coba dicek, dia mengandung scrub ga? kalo utk muka yg lg ada jrawatnya, sbaiknya jgn pake yg scrub nanti malah bikin tambah krn melukai kulit..

      Like

      • Aku gapernah sama sekali tau skincare ka, aku cuma tau cuci muka aja dari dulu.
        Kenal skincare baru banget sekarang, jadi awalnya muka aku gakenapa napa ka, cuma aga kusam karena mungkin aku cuma tau cuci muka aja selebihnya hanya bedak ka.
        Sampe aku pake produk yg kaya kaka itu konsultasi dokter dan hasilnya sebulan beginilah muka aku ka jadi beruntusan dan jerawatan.
        Dan sekarang aku gapernah pake lagi, kata dokter pake sabun cuci muka bayi dulu, dan udh sebulan pun muka aku masih beruntusan dan jerwatan ka😥 aku gaberani ka pake yg lain lain dan bingung musti pake apa ya ka kirakira

        Like

      • waduhh, kamu pake skincare apa?
        memang cocok2an sih.
        kalo saranku sih, udah bener lepas obat2an yg bikin jerawatan itu. mungkin bisa coba pake masker2 alami. cobain tomat sm madu deh.. it works banget buat aku. jd jus tomat tanpa gula ditambah madu. terus dioles ke muka sebentar. smoga bs ngurangin jerawat sm bruntusannya. jgn pake yg skincare2 berat dulu kali ya huhu

        Like

  10. aaaaakkkkk syenangnya nemu blog mba desi, seakan tercerahkan, betewe aku jg pake st. ives dan memang enak bgt bikin kulit aaluuuss… ada review ga mba utk krim pagi dan malam? kulitku normal dan pengen lbh cerah aja, semoga berkenan membalas ya mba 🙂

    Like

    • halo sis, makasiiih udah mampir yaaa hehe. kebetulan skrg aku udah ga pake krim pagi sama malam dan emang flek di muka masih tetep ada 😂 tapi ga jrawatan.

      cuma pake sunblock holika aja kalo pagi. malem pke toner/lotion sk-ii sama essencenya kadang. hehe. krim aku smpet coba sk-ii yg RNA Power cream lumayan oke sih. aku beli yg tube kecil bener 2.5 gram haha. cuma makenya sayaang..lol

      Like

  11. Iyaa ka aku di e*ha juga kaya gmna ya muka tuh malah kaya merah bgt ka itu krna gmna yaa aku ragu mau lepas juga karna dia bagus nya ada dokter nya tapi setiap konsul ganti” obat trs kan syg obat kita yg msh bnyk klo diganti trs hehe

    Like

  12. Halo ka dessy salam kenal,seneng deh bacain tulisan kaka ini ga ngebosenin dan suka ketawa sendiri karna suka disempilin guyonan kaka itu hehe. Btw aku erna umurku 27thn, muka ku kusam bgt nih dan jd agak kasar gtu ya jd bikin bedak tuh ga nempel dimuka. Nah rencana baru sadar mau merawat diri hahaha telat juga, aku bingung coba erha atau skii dulu ya ? Boleh saran nya ka

    Like

    • halo sis Erna, makasih udah mampir ke blog aku 😊😊 hehe.
      tapi muka kamu ga jerawatan kan?
      kalo mau lebih cerah dan ga kusam, bisa coba beli scrub st. ives dulu sis. 😍 jadi pakenya sblm cuci muka, discrub dulu, diteken2 agak kenceng, terus didiemin sbentar baru cuci muka pake sabun muka kita yg biasa. aku sih seminggu sekali aja pake scrubnya hehe. semoga bermanfaat. jgn lupa pake sunblock min. spf50. erha oke sih, cuma harus komit loh hehe. kalo skii ga smua org cocok ternyata..huhu.

      Like

  13. Hai, saya tertarik sekali baca ulasan kamu dari yang section pertama kamu pakai product ERHA sampai ulasan yang sekarang, kalau aku boleh saranin, kamu bisa pakai product bedak tabur nya ERHA yang true matte, akupun juga pakai yang tranlucent, enak sih di pakai nya, jadi formula nya bener bener matte, bye bye oily

    Like

  14. hallo ka dessy, kulitku bruntusan kecil kecil gt di bagian bawah mata hidung dan dagu, kira kira untuk menguranginya dengan produk skin care kaka saat ini pakai produk apa ya ka?
    Makasih ka :))

    Like

  15. hai sis, thanks udah sharing lepas dari per-e*ha- an nya…btw aku pun pengen lepas dari e*rha ini, setelah mencoba berkali kali bolak balik erha, selalu berenti krn ga tahan kulit jd muerah bgtt kalo kena panas, even di dalam ruangan sekalipun, kalo ga adem tetep aja merah. oya kulit ku tipenya kering dan sensitif, ga jerawatn sih, tp ada fleknya dikit sama melasma dibagian atas mulut mirip kumis hikss sama kusem-nya itu lohh…sama ada spider vein dimana mana hufft… lagi pengen coba berenti dari e*ha untuk keempat kalinya wkwkwk, dan mau komit gak bakal balik lagi seburuk apapun kondisi muka huhuhu… tp masih bingung mau pake apa yaaa…

    Like

    • semangaaaaatsss sis. pelan2 dulu aja kali ya. satu2 lepasnya. cari pengganti produk yg cocoknya dicobain pelan2. mgkn bisa mulai dari facial washnya? hehe. semangat ya. cpt pulih mukanyaa.

      Like

  16. Hai Mbak Dessy….. saya Nia 40 tahun( sepuuuhhh)…. hehehehe…. sekitar 1 tahun yang lalu lahiran anak kedua…dan sedari hamil maleeeessssss banget pake yg namanya skincare. saat ini pengen perbaikan wajah hehe. keluhannya adalah kering, kusam dan flek. rencana emang mau ke erha. cuma ya itu, tiap liat dompet pasti pedih rasanya. saya masih menimbang antara pake erha atau skii tapi fte nya aja… kalo macem macem pedih juga jadinya. kira kira pertimbangannya bagaimana ya Mbak. terima kasih sebelumnya dan salam kenal

    Like

    • Halo mbak Nia, makasih sudah mampir hehe. kalo bisa sih, mending coba yang selain obat dokter ya mba, karena kalo sudah ketergantungan susah lepasnya dan suka bikin jadi lebih parah. kalo mau coba ftenya, harus bareng sama lotion/tonernya dulu mba supaya ga kaget kulitnya hehe. aku juga cobain dari yg size 30ml dulu si toner, skitar 90rban, sama fte nya 30 ml itu sekitar 200an ya. bisa untuk sebulan, bisa lebih irit daripada ke erh* hehehe. tapi terserah mbaknya yaa. kalo ke dokter biasanya memang lebih instan sih hehe

      Like

Leave a comment