Cerita Soal si Tukang Ngutang

Apakah kalian punya temen sepermainan, di tempat kerja atau saudara mungkin, yang suka berhutang ke kalian?

Pasti ada dong ya, apalagi di jaman sekarang, dimana kebutuhan hidup semakin meningkat. Pagi ini, ketika aku mau nulis blog, dengan judul yang masih bingung, tiba – tiba muncullah Whatsapp masuk dari temen lama, yang dulu pernah sekerjaan. Seorang ibu – ibu, yang track record keuangannya, sorry to say, buruk. Doi sering banget utang ke sana – sini, padahal dulu itu dia sempet jadi atasan aku loh, tapi ga malu gitu pinjem ke bawahannya, bahkan bukan cuma ke aku doang, dan pagi ini doi mau pinjem duit yang to be honest, bukan jumlah yang gede, tapi dengan masa lalu utangnya yang kelam, aku pun jadi berpikir ulang. Karena seringnya orang tuh, kalau dipinjemin sekali, kita jadi sasaran pinjem terus dan jujur aku sama suami males banget ketemu atau kenal sama orang yang macem begini HAHAHA. Mungkin kamu juga *nyari temen. HEY, KITA JUGA PUNYA KEHIDUPAN YANG HARUS DIPENUHI. *ga santai.

Tapi, taukah alesannya pinjem uang kali ini? Katanya anaknya sesak nafas, setauku emang ada asma, dan dikirimin lah itu foto anaknya yang lagi tiduran dan terbaring lemah. KESEL KAN. Hati nurani jadi berasa dipermainkan. Untungnya, emang setiap kali gajian, uang yang ada memang langsung dialokasikan sesuai kebutuhan dan tabungan pun disimpan di rekening bareng suami yang tidak semudah itu bisa diambil kapan aja. Jadi aman (buat menunjang masa depan). Endingnya, cuma aku kasih serelanya.

Kenapa bisa akhirnya suami yang mengelola? Karena godaan hidup sebagai wanita cukup besar yaa hahaha, jadi aku menyerah dan membiarkan suami yang mengelola. O IYA, yang butuh jasa konsultan keuangan terutama soal keluarga, boleh banget kontak suamiku hehe.

Oke, balik lagi. Kenapa sih orang demen banget ngutang? Dalam case ini maksudnya ke orang lain ya, bukan ke bank atau instansi resmi yang emang dengan sengaja menawarkan hutang. Di sekitar gue sendiri, banyak banget si tukang pinjem, sampe gemes sendiri kadang. Secara aku dan suami tuh hidup sedemikian rupa demi menghindari utang – utang yang ga perlu, eh ini ada orang – orang yang tinggal seenaknya aja minjem – minjem, dan kadang lupa bayar. Khusus buat mereka yang pernah hutang dan pura – pura lupa bayar, biasanya kita blacklist sih, bisa dipastikan akan susah banget untuk pinjem ke kita lagi. Tbh, kita emang bukan orang yang demen minjemin orang uang, jadi ga usah deh pada ngarep bisa pinjem ke kita *pelit ahhaha, bukannya pelit, tapi kita udah beberapa kali dipinjemin dan ga dibalikkin, jadi bisa dibilang kita TRAUMA. LOL.

Biasanya nih, kalo emang ada yang pinjem, dan kebetulan aku lagi pegang uang, yang tentunya ga banyak, supaya aman, aku akan kasih serelanya aja, tentunya ga besar. HAHA. Ya balik lagi karena pengalaman – pengalaman pahit di masa lalu itu.

Kebetulan suami termasuk orang yang anti banget berhutang. Awal – awal aja waktu nikah, dia kayak agak susah nerima gitu soal pembelanjaan gue pake kartu kredit. Dia mau semuanya dibayar lunas aja. Sedangkan gue mikirnya, itu bisa merusak cash flow kita dong ya hehe. Sampe akhirnya dia punya kartu kredit sendiri, dan emang sih dia cuma pake buat beli apalah itu yang di game online dan selalu dibayar tepat waktu bahkan setelah tagihannya muncul. Hmm, sejujurnya sejak menikah sama suami aku inilah aku jadi orang yang lebih baik dalam managemen uang. HEHE.

Ngomong – ngomong soal orang yang suka berhutang. Biasanya alasannya apa aja? Ada yang ga bilang buat apa, ada yang bilang buat anaknya berobat, biaya sekolah, benerin ini itu dan lain lain. Pernah juga gue dikadalin dibilang buat anaknya taunya buat arisan. Kesel aku tuh dulu itu. HAHA.

Yang lucu nih, ((semoga yang suka ngutang ikut baca)), kalau kalian suka pinjem duit atau barang ke orang terus ngarep orangnya LUPA. Aku coba kasih tau ya, percayalah, orang yang kalian pinjemin biasanya ga lupa. HAHA. Apalagi kalau orang yang bersangkutan juga lagi butuh uang atau barangnya, pasti inget deh otomatis siapa aja yang ngutang atau minjem LOL. Mereka kadang cuma belajar ikhlas aja, yang tentu kadang ga gampang.

Aku pribadi suka bingung juga sama mereka yang kecanduan ngutang. Utang kartu kredit kalau ga dikontrol juga bahaya loh. Ada cerita nih temen yang aku kenal lumayan deket bahkan, dia sering ngutangnya itu buat liburan sekeluarga dan dicicil sampe 2 tahun. What!? Liburan sama seneng – senengnya udah lewat, utangnya masih ada. Males amat haha. Aku sendiri termasuk orang yang suka jalan – jalan tapi aku biasanya selalu beli tiket dan hotel jauh – jauh hari, jadinya kalau mau dicicil pun diusahain banget sebelum liburan tiba udah lunas. Kalau selama liburan perlu pakai kartu kredit, ya maksimal pas tagihan bulan depannya udah dibayar lunas.

Kalau lagi ga ada budget, ya aku ga maksain pergi. Bukan berarti ada kartu kredit terus mau dibodoh- bodohin dan bikin kita hidup terus dalam cicilan. Oh no, males banget. Kalau boleh sedikit berbagi, dari awal gajian bareng suami, kita selalu pisahin uang operasional kita, uang buat orang tua, uang buat perpuluhan, uang buat sedikit bersenang – senang, cicilan renovasi rumah ke bank, dan sebagainya itu udah kita pisahin. Jadinya kita tenang, dan kita selalu pantau tuh duit bulanan kita. Kalau udah mau abis, ya kita irit – irit usahain di weekend ga banyak senang – senang / kurangin makan di luar. Memang sih sekarang ini kami berdua belum punya momongan, tapi kayanya kalau dari sekarang manajemen keuangan mulai diperhatikan, ga ada salahnya deh.

Kenapa Nabung Itu Penting? Baca di sini.

Apa Keuangan Kita Sudah Sehat?

Yang suka bikin kesel itu, ya mereka yang kita tau suka ngutang tapi kok gaya hidupnya lebih heboh dari kita HAHAHA. Kadang suka pingin ketawa. Semoga ga ada lagi ya mereka yang hobi banget ngutang tapi ga bertanggung jawab. May God bless you all with prosperity this year.

Kalau kalian sendiri, punya cerita juga ga soal orang – orang yang suka ngutang? Cerita dong hehe.

Semoga di tahun ini, kita bisa semakin baik dalam mengatur uang, bukannya malah dikuasai sama yang namanya HUTANG. Amin.

Eh, sorry loh kalau ada yang kesindir. EMANG ITU MAKSUDNYA. HAHA *Kabur

12 comments

  1. Aku sih tipe orang yang ngak suka kasih utang mbak ke orang. Klau memang butuh uang banget dia, lebih baik dia aku kasih. Banyak cerita soal utang malah berujung pada hal ngak enak termasuk kematian ( maklum bekas wartawan kriminal jadi inget utang sering jadi motif pembunuhan )

    Like

  2. Setuju orang yang suka ngutangin itu ga pernah lupa haha tapi coba mengikhlaskan. Hmmm ogut sendiri paling takut sama yang namanya ngutang soale takut ga bisa bayar hehe dan sampai sekarang pun memilih ga punya kartu kredit hehe secara ya kan kalau freelance perbulannya ga tentu.

    Untuk memnuhi kebutuhan mendadak atau pengeluaran yang tak terduga untuk freelance kaya ogut yang anti ngutang biasanya tiap bulan ogut nabung LM ya walau pun hanya 1 gram sih, jadi daripada ngutang ke orang lebih baik gadaikan LM haha.

    Like

  3. suka heran juga sama yang tukang ngutang tapi buat gaya hidup (bukan buat kebutuhan yang mendesak banget).
    lah kita yang diutangin hidupnya nggak pake gaya, doi hidup gaya-gayaan tapi ngutang.
    pas ditagih galakan dia daripada kita.
    hahahha

    Like

  4. Aku juga ada mbak. Ada yang utang. Mayanlah buat jajan sebulan. Tapi gak dibalik-balikin. Katanya mau dicicil, tapi nggak dicicil juga. Teruuus… kontaknya nggak bisa dihubungi pisan. Parah. Padahal aku pinjemin dia karna percaya.

    Like

  5. Aku setuju banget soal kalo kita udah minjemin uang ke 1 orang, selanjutnya orang itu bisa minjem lagi dan lagi. Dan aku ngalamin sendiri sih. Mungkin dia ngerasa wah aku bisa nih minjemin dia duit, pinjem lagi ah… kan sebel yaaa 😭 jadi kebiasaan gitu dianya. Karena temen sendiri, kadang enggak enakan buat nolak. Tapi next aku juga mesti tegas sih, enggak asal kasih pinjam (meski dia bakal balikin). Takutnya jadi kebiasaan pinjem-pinjem duit.

    Like

Leave a Reply to Sintia Astarina Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s