Jalan – jalan ke Hong Kong

Akhirnya, niat untuk berbagi kisah perjalanan ini ketemu juga hehe. Semoga bermanfaat, guys.

Long story short, di tanggal 10-14 September 2018 lalu, aku dan emak berkesempatan untuk menjelajahi Hong Kong, Macau dan Shenzhen, marathon sekaligus dalam 5 hari 4 malam. Kok bisa? Ya, dibisa-bisain, maklum kuli, cutinya terbatas. Hehe. Begini gambaran itinerarynya.

IMG-20180911-WA0070
haloha 🙂

Hari pertama, sampai di Hong Kong (selanjutnya aku singkat jadi HK ya), udah jam 14.20 waktu sana, 1 jam lebih cepet dari Jakarta. Langsung mampir dulu ke hotel untuk taro koper, berdua total bawa 3 koper lol. Kita nginep di Dorsett Mongkok Hotel, berlokasi di area Kowloon. Dari bandara, naik airport express train (mirip MRT) ke Kowloon station yang tiketnya udah dibeli online lewat apps KLOOK (baca : Kluk).

Perjalanan 24 menit ke Kowloon station terus lanjut naik free shuttle bus (bus no K5) ke hotel. Review lengkap soal Dorsett Mongkok Hotel ada di sini.

Di hari pertama, kita cuma sempet mampir ke Ladies Market (Mongkok Station) pake shuttle gratis dari hotel (shuttle tersedia setiap jam dan on time banget), muter – muter  belanja sedikit dan makan (yang haram-haram) di area Tsim Sha Tsui.

20180910_171717

Setelah itu, kita nyasar dalam rangka mencari Garden of Stars dan Symphony of Lights lalu bingung gimana cara pulang ke hotel, makjang. Setelah berjalan kaki sekitar 25 menit, sampailah kita di hotel dan tepar, ga ada foto yang berkesan di hari pertama karena kita terlalu lelah sehabis bangun subuh di pagi harinya haha. Tapi selama nyasar itu, kita menemukan bahwa orang – orang HK baik kok dan mau banget bantu nunjukkin arah ke hotel kita.

20180914_101705
Suasana di HK
20180913_070925
Gedung macem di film kungfu Hong Kong hehe, agak kusam ya.

Tips 01. Jangan lupa minta kartu nama hotel atau bawa brosur hotel, karena akan sangat membantu ketika kita nyasar, secara orang lokal lebih familiar dengan nama hotel dalam tulisan mereka/Kanton. Jangan lupa cari tau transportasi terdekat dari hotel. Yang lalu, aku lupa tanya, ternyata lewat MTR Olympic St. lebih dekat, walaupun tetep mayan jauh bok jalan kakinya haha.

Tips 02. Naik airport express train akan sangat menghemat waktu kita, cuma sekitar 30 menit sampai hotel daerah Kowloon dari bandara.

Hari kedua, explore HK seharian (jangan lupa beli MTR Tourist Day Pass biar ngirit – bisa beli di KLOOK juga).

• Naik Peak Tram ke The Peak/ Victoria Peak. Cara ke sana? turun di Central Station terus exit K karena barengan sama grup KLOOK lain, terus jalan kaki deh sampai ke tempat naik Tram-nya. Karena beli di KLOOK, ga perlu antri deh hihi. Kalau kalian pergi sendiri, dari stasiun bisa ambil exit J2 ya.

20180911_113052

• Lanjut ke Ngong Ping 360, naik gondola buat ngeliat Big Buddha, Ngong Ping Village, dan Po Lin Monastery

20180911_153248

Wah gila sih, ini merupakan gondola/cable car terpanjang yang pernah aku naikkin. Moment paling berkesan di HK ya di sini. Jadi sebelumnya, aku udah beli tiketnya di KLOOK (download aja di Play Store, you’ll need it for sure).

IMG-20180911-WA0080
Dessy, si anak lebay haha
IMG-20180911-WA0077
Gue tantang lo untuk pose begini! HAHA

Aku beli yang crystal cabin ticket (yang bawahnya kaca transparan) untuk perginya dan standard cabin untuk pulang dan ini adalah pilihan tepat. Kenapa? Karena pas awal pergi itu masih semangat banget dan tenaga masih full, jadi foto sana – sini juga oke, sedangkan pas pulangnya, badan udah lemes, semua penumpang gondola udah pada teler, malah kebanyakan pada merem alias tidur hahaha. Lelah kakaks habis jalan jauh demi liat patung Buddha, gambaran banyaknya anak tangga di sana itu kayak di Batu Caves Malaysia.

20180911_162424

20180911_161146
Sejauh itu, gila mager abis naiknya haha
  • Terakhir, mampir ke Citygate Outlet (Mall) beli tas sling bag TUMI yang lagi hits titipan adek. Lebih murah dari Jakarta loh harganya di sini, beda sekitar 1-2 jutaan lebih, lumayan kan hoho.

Hari ketiga, mampir ke Shenzhen (terpaksa pake private tour karena isunya visa on arrival buat cewek susyah). Detailnya bisa dibaca di sini.

Hari keempat, mampir ke Macau seharian (ngebolang sendiri tanpa tour, sehari di Macau bisa dibaca di sini ceritanya hehe). Malamnya pulang lagi ke HK dan lanjut makan Ichiran Ramen di Causewaybay (keluar Causewaybay Station). Detail soal makan Ichiran Ramen yang hits banget di Jepang beserta detail harganya bisa ditengok di sini.

Hari kelima, jalan – jalan di sekitar hotel, then pulang ke Indonesia. Nah, deket banget dari hotel ada tempat dimsum enak. Sayangnya tulisannya kanton semua, menunya juga, jadi cuma bisa nunjuk aja deh gambar yang nongol di menu HAHAHA.

20180914_110317

20180914_102956
makjang!

Berikut pertanyaan yang sering banget ditanyain orang soal HK:

Bahasa di HK

Sehari – hari, mereka pakai bahasa Kanton, ini beda sama bahasa Mandarin. Lah, bahasa Mandarin aja aku kaga bisa, apalagi Kanton. Byebye deh. Tapi, tenang aja karena HK bekas jajahan Inggris, sebagian besar penduduknya bisa bahasa Inggris kok, menu makanannya juga banyak yang ada Inggrisnya. Kalo bingung atau nyasar, tanya aja ke mereka yang masih “muda” karena bahasa Inggrisnya lumayan bagus. Hehe. Petunjuk jalan juga ada bahasa Inggrisnya kok. Amanlah. Bahkan berkali – kali aku nanya dan mereka effort banget gitu sampe buka Google Maps dari handphone mereka, malahan ada yang sampe telpon temennya dong nanyain alamat yang aku tanyain dan mau sampe nganterin segala. Ter-ba-ik! Jadi, ini mematahkan asumsi dan omongan orang yang bilang orang2 di HK judes, engga kok, mungkin asal kita minta tolongnya sopan dan melas AHAHA.

Transportasi

• Ferry (dengan nama Star Ferry), bisa dipakai untuk menyeberang dari Kowloon/TST ke Central atau Wanchai, lebih murah tapi lebih lama waktu tempuhnya dibandingkan MTR – aku ga sempet coba sih, cuma sempet naik Ferry ke Macau aja
  • MTR alias kereta, download “Hong Kong Rail Map – MTR/Tram” untuk lebih gampang mencerna mapsnya hehe
  • Bus, ga sempet coba
  • Taxi, katanya mahal, ga sempet coba juga hehe

Transportasi di HK ini lumayan murah kalau kita ke mana – mana naik MTR/bus. Sekali jalan, ongkosnya cuma sekitar 10 ribuan kurang, tergantung jaraknya juga sih, kalau lumayan jauh ya mehong juga. Gampang sih sebenernya pergi2 naik MTR, cuma jalan kakinya itu loh jauuuh banget dan pilihan exitnya banyak. Kita harus browsing atau buat itinerary dulu deh supaya aman pas keluar stasiunnya, karena sekali kita salah pilih Exit, buat balik lagi bakal capek banget jalannya, trust me haha.

Tips 03. Saranku, buat kalian yang bawa orang tua kayak aku kemarin ini, sering – sering aja berhenti buat istirahat setiap lihat tempat duduk atau pakai elevator deh supaya ga pegel dan setiap kali naik eskalator yang tingginya ga normal dan nukik banget itu, better kita berdiri di belakang orang tua kita supaya kalau sewaktu – waktu orang tua kita lemes bisa kita tahan dari belakang, karena nyokap aku sempet hampir jatuh gara – gara lemes, untung ditopang sama ibu – ibu perkasa di belakangnya. Serem abis. Jangan lupa juga bawa vitamin karena “medan” perjalanan-kakian yang kalian hadapi akan jauuuuh lebih berat dari sekedar wara – wiri di Malaysia atau bahkan Singapura. Ini berkali – kali lipat sih menurut aku. So, be ready!

20180911_110505
tinggi dan curam gini eskalator di sana!

Internet

Untuk koneksi internet luar negeri, selain paket roaming, sewa travel wifi dari Indonesia merupakan salah satu yang dapat menghemat cost karena bisa patungan atau tethering sampai 5 gadget. JavaMifi bisa jadi alternatif solusi buat sewa wifi Hong Kong karena selain keuntungan di atas, baterainya juga awet sampai 15 jam. Untuk sewa bisa langsung ke www.javamifi.com

Makanan

Buat pecinta makanan haram, HK ini surga bangetlah, di setiap sudut jalan udah pasti gampang ditemuin b*bi panggang dengan segala macem warna khasnya digantung – gantung manja, dimsum, mie b*bi, milk tea, dan sebagainya. Soal milk tea, menurut aku sih tetep milk tea Thailand juaranya, punya HK ini lumayan aja, atau mungkin aku belum nemu yang enak aja ya hehe. Harga makanan di HK kisaran 50 – 200ribu++ sekali makan per orang.

20180911_201445
nih milk tea HK
20180911_121003
makan berdua 400rebu. makjang. aquanya jg mahal haha.
20180911_121930
Ini beberapa kali gue makan di HK, enak, itu melted cheese gitu, nyum.

Nih rekomendasi tempat makan enak lainnya.

• Rumah Makan Sedap Gurih (menunya masakan Indonesia), di seberang Chandra Mart, di Sugar Street
  • Warung Chandra (New Indonesian Restaurant), dekat Konsulat Jenderal RI, alamat : Keswick Street, Causeway Bay HK
  • Chandra Mart & Chandra Food Restaurant, di Causeway Bay, dekat dengan Victoria Park, tempat berkumpul para TKI
  • Kam Fung Café > egg tart, chicken pie, pineapple bun/Bo Lo Bao, milk tea, di Wan Chai
  • Kau Kee Restaurant > mi brisket (daging sapi), ada di Jalan Gough 21 pusat HK
  • Kam Wah Café, Mongkok > roti polo nanas/pineapple bun/Bo Lo Bao (ga ada nanasnya, cuma isi mentega wuakaka), milk tea
  • Tim Ho Wan, terkenal banget dimsumnya
20180915_162729
Cobain deh moon cake asli HK, rasanya gimana? Lumayan aja sih. Tapi mungkin yang lebih mahal lebih enak. Lupa ini berapa harganya haha.

Makanan Halal Hongkong

Emang agak susah sih nemuin makanan halal di HK, tapi ada kok. Berikut rekomendasi dari temanku :

• Warung makan Indonesia di dalam pasar, deket Kedutaan RI di HK
  • Dimsum halal di atas Masjid Koowlon
  • Di daerah Causeway Bay, banyak TKW jual pecel ayam, sekali makan $88, mayan mahal nih hahak.
  • KFC > ayam, kemungkinan halal katanya, kalo McD Café sih udah pasti haram, soalnya burger hamnya ada gambar babinya

Tempat belanja

Katanya, HK terkenal sama branded stuff with cheaper price? Ah, not really ternyata.

Kesel adalah ketika lo cuma bawa 1 koper kecil dengan maksud supaya bisa beli koper yang katanya diskon gede-gedean (bisa sampe 70%) di sana, taunya pas aku cek, lah masih murahan harga di Indonesia. Jeng Jeng. Failed. Atau ada yang tau tempat beli koper murah? Info ya. Aku sama nyokap sih suka merk American Tourister, awet soalnya, kuat gitu ga gampang lecet.

Aku sempet cek juga harga Kate Spade sama Michael Kors gitu di Citygate Outlet, tapi tetep lebih murah harga di online store Indonesia yang jual barang asli haha. Tapi tas TUMI murah sih di sana, lumayan jauh harganya sama store di Indonesia, bedanya bisa hampir 2 jutaan deh. No wonder sih, ternyata itu bikinan China, kan deket tuh haha. Jujur, aku agak takut deh belanja barang – barang di HK gitu since beredar banyak isu barangnya suka KW, suka dituker jadi jelek, dan sebagainya. Tapi so far selama di sana, ga pernah kena scam atau penipuan gitu sih. Aman, apalagi kalo kita belinya di mall yang gede, semacam Citygate Outlet ini.

Nah, ini tempat rekomendasi belanja.

• Apm , singkatan dari am dan pm, buka sampai tengah malam, restoran buka sampai jam 2 pagi, naik MTR turun di Kwun Tong Station Exit A2
  • Ladies Market (Mongkok Station Exit E2), kalau di Jakarta, macem Mangga Dua
  • Temple Street
  • 1881 Herritage (Tsim Sha Tsui Station exit E)
  • Mall di TST : Miramall Mall, The One (TST Station)
  • Sham Sui Po – next, aku harus ke sini katanya banyak banget baju – baju model Korea, duh.
  • China Hongkong City yang nempel sama pelabuhan Ferry buat ke Macau (nah, katanya sih koper di sini murah, cuma kemarin pas ke sana masih tutup kepagian huhu)
  • Toko LUSH, itu loh masker yang berasa mint di muka, enak banget, dan ada juga sabun bentuk lucu – lucu yang bisa dipake di bath tub, sukak.
  • Giordano, kaos, polo shirt, bahkan kaos kaki Giordano, lebih murah sedikit daripada di Indo
  • SASA, ini tuh kalo di Indo semacam Guardian atau Watson, tapi ada di mana – mana
20180911_062526
Sheet mask nya bagus – bagus banget. Mau nangis akutuh, nyesel ga borong yang BANYAK.

Tips 04. Beli banyak tiket lewat KLOOK, lebih murah dan praktis

Apa aja yang aku beli online di KLOOK, sebelum sampai di HK? Ini dia si jali – jali.

• Tiket Airport Express Train (Airport – Kowloon Station) PP Rp. 204.892/ org

Review:

• Perjalanan lebih cepat dibanding bus, cuma 24 menit ke Kowloon Station atau bisa juga ke Central Station (tergantung lokasi hotel /tujuan wisata dan beda sedikit harganya)
  • Tinggal scan barcode di mesin dengan jarak sekitar 2-3 cm dari gate sensor, gampang banget
  • Banyak maskapai yang menawarkan layanan check in di stasiun, kemarin ini aku pake Cathay dan bisa check in plus taro bagasi dari Kowloon station tanpa biaya tambahan apapun, jadi asik banget begitu turun dari free shuttle bus, itu 3 koper langsung masuk bagasi duluan. Jadi kita bisa melenggang santai naik airport express train ke bandara hihi. Layanan check in bisa dilakukan selama 90 menit sampai 1 hari sebelum jadwal penerbangan. Jadi bisa jalan – jalan dulu tanpa stres gerek2 koper yang beratnya amit – amit itu haha
  • Bisa sambil ngecharge loh di airport express train, di gerbong 1 atau 7

20180910_151357

Selain naik airport express train ini, untuk menuju hotel, kalian bisa naik bus juga dengan harga tiket lebih murah, sekitar 30 HKD tapi dengan waktu tempuh lebih lama, sekitar 1 jam.

Selain itu, aku juga beli ini di KLOOK:

• Tiket Macau Cotai Water Jet (Macau – Kowloon) Rp 274.102/ org
  • Turbo Jet Ferry (Kowloon – Macau) Rp 302.457/ org
  • Paket Combo Fast Track Peak Tram (jadi gak perlu antri panjang, kakaks) Rp. 171.053/org
  • Ngong Ping 360 – One way standard cabin + One way crystal cabin (roundtrip/PP) Rp 324.272/ org

*Ini semua ga perlu ditukerin tiket fisik, tinggal scan barcode yang ada di aplikasi KLOOKnya aja ke gatenya. ASIK kan.

Tips 05. Perlengkapan yang perlu dibawa (sesuaikan juga sama cuaca), kemarin ini aku pergi bulan September 2018, masih cukup panas di sana.

• Kacamata hitam
  • Sepatu yang nyaman dengan kaos kaki, takut lecet karena banyak jalan kaki
  • Adaptor colokan listrik, karena di sana pakai colokan 3 prong
  • Obat – obatan pribadi secara kalo sakit, obat di sana belum tentu cocok
  • SPF/ sunscreen/ tabir surya min SPF 50 kalo lagi panas
  • Payung/ jas ujan
  • Paspor, tentunya
  • Tongsis, tapi ga boleh dipake di area Disneyland

Pada perjalanan kali ini, aku menggunakan maskapai Cathay Pacific karena perjalanan cukup panjang, 5 jam, direct flight, tanpa transit. Buat yang penasaran berapa duit, kemarin ini sih kena Rp 4jt/orang PP. Mayan sih, tapi nyaman.

IMG-20180915-WA0001
Dapet Haagen Dazs as dessert HAHA.
20180910_093205
enak ini 🙂

Tapi kebetulan temen aku sempet ke HK naik Air Asia, tambah bagasi sama beli makanan di pesawat, eh kena 3,6 jeti dong. Kok beda dikit? Nah, mending yang full service dong ya. Tapi ada yang bilang juga pake SQ (Singapore Airlines) bisa dapet cuma sekitar 2,5-3 jutaan loh pas promo, cuma transit di Sing. You decide lah ya mau naik apa hehe.

Selain itu, aku udah beli tiket ini juga di KLOOK:

• MTR Tourist Day Pass khusus buat tgl. 11 Sept 2018, hari kedua, karena kita bakalan explore HK seharian (15,91 HKD/org), jadi mau kemanapun naik MTR di hari itu, tinggal tap aja, asik kan.
  • SIM Card 3G/4G China Mobile – HK (Rp 95.668). Ini murah banget bisa dipakai selama 8 hari untuk 3G unlimited-nya dan untuk 4G dapet 1,5 GB selama 5 hari. Ditambah karena aku anaknya irit HAHA, aku pakai berdua Mama, tinggal tethering, aktifin mobile hotspot, jadi deh bisa update sepanjang hari HAHA. Cuma emang baterai cepet abis, jadi siapin aja deh powerbank, jangan lupa simpan di bagasi, ga boleh masuk kabin pesawat.

Nah, 2 item yang dibeli di KLOOK tersebut harus diambil bentuk fisiknya di counter KLOOK yang ada di Terminal 1 Airport, Loket A13. Kalau handphone kamu perlu ejector (atau whatever yang dipakai supaya bisa keluarin simcard itu), di situ ada, disediain, tinggal pake atau bisa juga dibantuin pas ga bisa keluarin sim cardnya, kayak aku hahaha. Sama ambil MTR Tourist Day Pass buat tgl. 11 Sept juga di situ.

Lanjut. Setelah dapet tiket fisik yang dibeli di KLOOK tadi, kita pun beli Octopus Card dulu di airport buat naik kereta alias MTR dan bus selama berkelana di HK. Per orang 150 HKD, termasuk di dalamnya saldo 100 HKD dan 50 HKD deposit yang bisa ditukarkan pas sudah tidak dipakai lagi/pulang.

Pas banget sehari setelah kita pulang, Hongkong diserang Badai Typhoon no. 10 terbesar sepanjang sejarah, katanya sih masih masuk kategori aman tapi ga bisa keluar seharian. Duh, puji Tuhan banget udah pulang.

Tempat Wisata Lainnya

• Garden of Stars, cetakan tangan artis dan patung Bruce Lee > MTR Tsim Sha Tsui, jalan, pake lift di East Tsim Sha Tsui P1 exit ke level PD atau jalan dari TST waterfront Promenade dari Star Ferry Terminal dan naik eskalator ke Garden of Stars

Foto – fotonya cari di Google aja ya, soalnya aku ga berhasil menemukan tempatnya karena nyasar dan nyokap keburu ngomel capek jalan kakinya haha.

• Symphony of Lights, MTR East Tsim Sha Tsui St exit L6

Aku ga sempet ke sana juga soalnya udah keburu pegel juga. Tapi gambarannya, mirip kok sama laser show yang ada di Marina Bay Sands Singapur. Bagusan Wings of Time yang di Sentosa malah katanya, jadi ga nyesel-nyesel amat. Hehe.

• Victoria Peak / The Peak, puncak tertinggi di HK, kirain bakal dingin, taunya panas banget HAHA.

• Disneyland, aku ga sempet ke sana soalnya nyokap ga suka, terlalu childish katanya dan sekalipun aku pingin naik wahana extreme kan kasian kalo nyokap nungguin. Kita skip Disneyland juga demi bisa ke Shenzhen sih karena waktu kita terbatas
  • Ocean Park > taman rekreasi tertua di HK, bukan cuma ada wahana permainan, tapi juga kebun binatang dan gondola.
  • Kuil Sik Sik Yuen Wong Tai Sin > Kuil tempat ibadah 3 aliran : Taoisme, Buddha dan Confucianisme. Letaknya ada di Desa Chuk Yuen, Wong Tai Sin, Kowloon
  • Tsim Sha Tsui Promenade & Golden Bauhinia Square > kota tua HK, sejalan ke Garden of Stars : MTR East TST St. ambil exit J, ga sempet foto – foto cuma lewat aja
  • Ngong Ping 360. Moment paling berkesan di HK ya di sini. Seperti yang udah aku bahas di atas, harus banget cobain yang crystal cabin.
20180911_145807
Ini yang biasa lantainya, bukan yang crystal.
IMG-20180911-WA0073
look at that happy – kid!

Terakhir, buat kalian kolektor stempel di passport, kalian harus bersedih hati karena kunjungan ke Hong Kong, Macau, dan Shenzhen ga dapet stempel sama sekali, cuma dikasih kertas putih gitu deh. Haha.

So far, yang paling berkesan buat nyokap sih di Shenzhen, terutama waktu di Window of the Worldnya, karena emak bisa puas foto – foto, bisa dilihat di sini ceritanya. Kalau HK, yang paling memorable ya crystal cabinnya Ngong Ping, ga akan pernah terlupakan deh sensasinya hoho. Kalau Macau kurang spesial sih buat kita, soalnya ga judi kali ya HAHAHA. O iya, soal makanan sih HK enak, cuma soal jauh jalan kakinya aja yang ga tahan, pegel banget gilak, tiap malem pulang ke hotel, kaki serasa mau copot. HAHA. Tapi ya berkesan juga sih bisa menginjakkan kaki ke 3 tempat selama 5 hari 4 malam doang HOHO.

Kalau ditanya mau balik lagi ga ke Hongkong / Macau dalam waktu dekat? Kayanya engga hehe. Tapi nyokap masih penasaran mau ke Shenzhen buat menuntaskan hasrat foto yang tersisa HAHA, sekalian sama daerah China lainnya asik kayanya hehe.

Thank you Hong Kong, Macao, Shenzhen for such an experience!

Kalau menurut kamu, ada apa lagi sih yang spesial di sana dan harus banget dicoba, dimakan atau dikunjungi? Share yaa.

Baca Juga :

One Day in Shenzhen

Nyobain Ichiran Ramen di Hong Kong

Review Dorsett Mongkok Hotel Hong Kong

20181005_214404
Happy Holiday!

16 comments

1. Seru bangeettt bisa jalan-jalan sama Mama. Aku lagi merencanakan liburan berdua sama Mama, cuman masih bingung mau ke mana dan kapan waktunya. Susah ambil cuti juga soalnya hehe :”)

2. Wah keren kak jalan-jalannya, jadi pengen ke hongkong juga nyicipin makanan (yang haram-haram) di area Tsim Sha Tsui, doyannn banget

3. Hai hai, btw kalau lagi keluar negeri jangan lupa stok SKII mba hihii. Aku coba pake SKII – FTE sama SKIN1004, Ampulnya yang 100% Centela Asiatica coba deh, siapa tau bisa bikin kulit makin bagus.

4. Terima ksh mba sdh berbagi cerita2. Byk info2 penting yg di dapatkn. Sy akn ke Hk bulan agts 2019 bersama istri. Semoga cuaca bgs dan bisa ke semua tempat hehehe

• sama2 Pak Roy. selamat berlibur bersama istri tercinta. sekedar info, Agustus kemungkinan cuaca agak panas, mungkin bisa dipersiapkan topinya Pak hehe. happy holiday!