Review Facial Signature ERHA Clinic

Jadi setelah sewindu, aku iseng nyobain facial lagi karena muka udah kusem banget pas ngaca HAHA. Emang kurang konsisten sih pake skincarenya, jangan ditiru padahal umur udah 30++.

Terus pas baca2 review di Google (ga tau ini pada diendorse apa engga ya haha) katanya facial Signature-nya Erha bagus. Yaudah iseng deh buka Instagramnya Erha Clinic, klik linktreenya, pilih Appointment/Konsultasi Online dan isi form untuk treatment di AEON Sentul City (yang paling deket dari rumah) dan diarahin ke nomor Whatsappnya ternyata. Kemarin itu aku booking H-1 eh sisa slot jam 12 siang katanya. Prosedur facialnya 120 menit ya alias 2 jam. Yaudah aku iyain aja daripada keburu males lagi kalo nanti – nanti. Singkat cerita, besoknya pun aku facial.

Aku ambil facial yang jenis Facial Signature Renewal Deep Pore Cleansing Therapy/ facial DPCT, nah jenis serumnya itu pas daftar aku pilih yang Rejuv, tapi ternyata pas di awal treatment itu ada skin test dulu dan hasilnya kulitku termasuk sensitif jadi diarahin untuk pake Gentle serum yang lebih aman di kulit sensitif.

Harga? Rp 495,000. Tapi karena masih pandemi, nambah biaya APD Rp 50,000 Jadi total Rp 545,000 untuk facial Signature ERHA ini. Pakai serum apapun sama ya harganya, jadi better browsing dulu buat tau sebaiknya pakai serum apa atau konsul online dulu cuma ga tau bayar apa engga ya. hehe.

di luar moisturizer ya, itu tambahan.

Prosedurnya sih mirip – mirip ya kayak facial biasa di tempat lain. Cuma karena masih pandemi, awalnya disuru kumur – kumur dulu pake mouthwash rasa betadine. Oke sih rasanya, ga ganggu juga di mulut. Terus baju dilapis pake baju yang udah disediain dan rambut dipakein hair net. Kaki diselimutin pake handuk karena AC-nya sentral katanya. Bener sih dingin banget, better jangan pake celana pendek kayak aku deh. HAHAHA Kapok.

Abis itu pembersihan muka, dan bedanya sama facial ERHA yang Basic itu cuma di acupressure (muka dipijit-pijit) sama ada tambahan cairan facial yang katanya bikin proses pencet komedonya nanti less sakit. Kalau Facial ERHA yang BASIC itu lebih murah sedikit di 395K plus APD 50K.

Terus yang aku tunggu – tunggu dateng juga nih, bagian pencet – pencet komedo semuka termasuk hidung. Katanya sih bakalan less sakit. Tbh menurutku, masih sakiittt banget ah haha, masih beberapa kali efek terkejut – kejut dan keluar air mata. Kebayang kan gimana sakitnya? Tapi emang less sakit dibanding facial di tempat laen yang pernah aku coba tapi tetep sakit yaa. So, be ready!

Abis dipencet – pencet, muka kita dikasih fase pendinginan karena kan merah – merah semua tuh. Setelah itu dikasih serum sama masker yang dingin banget, enak deh ke muka. Tapi facial di tempat lain juga biasanya dikasih masker dingin ini sih. Oh facial di ERHA itu dilakuin bukan sama dokter ya, tapi sama facial therapist, udah terlatih juga sih pastinya ya. Dia pakai APD lengkap, masker dan face shield juga.

Abis itu, muka dikasih serum sama sunblock sebelum pulang. Beres deh setelah 2 jam tiduran. Mayan itung – itung tidur siang. LOL.

Ya overall mirip – mirip facial pada umumnya sih stepnya. Bedanya cuma semua produk yang dipake ya merk ERHA. Sayang banget aku ga sempet fotoin.

Mbaknya bilang supaya hasilnya maksimal, sebaiknya facial setiap sebulan sekali. Terus aku iseng nanya juga kan kalau permasalahan muka aku sebenernya kan lebih ke freckles atau flek hitam gitu, katanya bisa coba Ultimate Photo Facial (kalau ga salah denger), sekali treatment itu Rp 1 jutaan BAHAHA. Wah, dengernya kantong langsung auto meleyot HAHAHA. Mayan juga ya Bun. Tapi ada temen yang udah coba sekali tapi ya belum ada perubahan apa – apa, berarti kan butuh investasi lebih banyak tuh hehe. Next lagi aja deh. Kantongnya belum siap.

Emang beauty is pain yaaa. Pain di kantong HAHAHA.

Oh setelah beres treatment, kita dikasih bonus sheet mask ERHA yang collagen mask dan disuruh pakenya minimal H+7 dari treatment, masker medis dan teh plus gula yang bisa diseduh sendiri di rumah. Kan masih pandemi ya ceritanya, jadi ga dikasih minum di sana. Better bawa minum sendiri sih karena haus banget asli HAHA. Usahain jangan sampe telat, karena cuma dikasih batas toleransi waktu 15 menit, abis itu akan langsung dibatalin reservasinya.

ada gulanya juga cuma ga kefoto haha

Keesokan harinya, aku bangun pagi dan muka ga langsung berubah jadi kayak artis Korea, tapi secara tekstur sih kalau dipegang mulus banget yaa, cuma kalau diperhatiin di hidung itu masih ada titik2 komedo, ya mungkin udah menahun juga karena aku udah lama bangeet ga facial jadi harus rutin lagi bersihinnya. Tapi setelah 5 hari pun, mukaku puji Tuhan aman, ga breakout sama sekali ya.

maapin ya muka bangun tidur mamak, sama banyak fleknya hehe.

Pas treatment itu, Mbaknya sempet bilang kalau mukaku kering, kurang moisturizer. Jadi pas pulang aku sekalian aja beli moisturizer ERHA dan aku udah pake sekitar 4 harian sih OK ya, kulit jadi lebih moist dan kenyal.

Rp 125,000 // 30 gr

Jadi overall gimana? OK sih, cukup worth it juga, cuma karena pencet – pencet komedonya masih suakit banget, aku sih ogah ya disuru balik tiap bulan haha, paling cepet 3 bulan sekali mungkin dan next mau coba yang facial BASIC-nya juga buat perbandingan. Kalau hasilnya sama, yaudah BASIC aja ke depannya. Mayan lebih irit 100 rebu buat parkir, tol sama makan HAHAHA.

Waktu awal nikah, aku sempet perawatan di ERHA juga tapi cuma sekitar setahunan, review detailnya di sini ya. Intinya, waktu rutin perawatan sih ya muka muluss banget ya baik secara tekstur maupun penampakan flek hitam yang jadi samar banget. Cuma ya bisa dibilang semua krim dokter rata – rata bikin ketergantungan. Malesnya, begitu krim malemnya abis harus balik konsul dokter, ga bisa nebus atau beli obat seenaknya. Sekali konsul dokternya doang itu Rp 250,000 mak, belom obatnya. Ini harga konsul dokter di klinik ERHA Bogor yang deket warung jambu. Dulu banget sekitar 5 tahun lalu, awal konsul sama obat Rp 700 ribuan, kalau ada jerawat biasa di atas 1 juta sih total biaya awal dari pengalaman temen – temenku. Mayan juga. Cuma itu ga setiap bulan sih, kalau diirit – irit obatnya bisa abis 2 bulanan jadi balik dokter lagi abis itu. Begitu aku lepas obatnya, kulit balik beruntusan dan flek muncul lagi. Jadi kalau kalian minat perawatan di situ, please banget siap secara fisik buat antri dokternya dan kantong buat bayar secara rutin. Begitu lepas dari sana, duar masalah kulit balik lagi dan kita harus perawatan lagi dari 0. Aku sih puji Tuhan pas lepas ga sempet breakout cuma ya balik kusam lagi sama muncul lagi fleknya haha.

Akhir kata, emang semakin tuir, muka harus dirawat, ga bisa sekedar pake filter atau diedit HAHAHA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s