Disuruh Nikah? Ngebet Nikah? Siap?

2017_0901_01251000

“Daripada terombang-ambing oleh suara-suara dan desakan dari luar diri untuk segera menikah. Perhatikan diri kita dengan lebih cermat lagi, apakah memang kita sudah siap untuk menikah?”

Secara umum, ciri-ciri orang yang sudah siap untuk menikah adalah harus sudah matang secara:

  1. FISIK, yaitu berusia cukup untuk menikah (usia dewasa muda), serta memiliki alat dan sistem reproduksi yang sehat bila berencana untuk memiliki anak.
  2. FINANSIAL, yaitu mampu memperoleh uang/penghasilan sendiri, sehingga mampu menghidupi diri sendiri dan juga keluarganya kelak, tidak tergantung dengan orang lain lagi.
  3. EMOSI, yaitu mampu mengelola emosi dengan baik sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, tidak mudah marah, cemburu, iri, tersinggung, sakit hati, dll, sehingga dapat bersikap tenang dalam menghadapi masalah dalam keluarga serta mampu mengekpresikan perasaannya secara tepat.
  4. MORAL, yaitu dapat membedakan yang baik dan yang buruk, dapat memilih yang baik untuk dirinya sendiri dan orang lain, peka dengan nilai-nilai masyarakat, serta dalam mengambil tindakan atau keputusan mempertimbangkan kebaikan orang lain juga.
  5. MENTAL, yaitu mampu menghadapi masalah dengan percaya diri, dewasa dalam bersikap, bertanggung jawab, memiliki pendirian yang teguh, dan siap menanggung konsekuensi dari pilihannya

Dikutip dari buku Build edisi April 2016 terbitan Abbalove Ministries

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s