Tips Traveling Bersama Orang Tua

Halo readers, I’m back, setelah bertapa sekian lama hahaha.

IMG-20180919-WA0024

Kali ini mau berbagi sedikit tips dan trik traveling nyaman bersama orang tua. Kenapa ujug – ujug bahas ini? Karena banyak juga ternyata yang nanyain dan penasaran kok sering banget pergi berdua sama mamake. Kok bisa?

So, ga usah lama – lama, here are the tips, semoga bermanfaat :’)

  1. Karakter orang tua. Karena udah hidup bareng lama, pasti tau dong yaa sifat dan karakter dari orang tua kita masing – masing. Nah, sebelum pergi bareng, coba deh dipelajari lagi dengan lebih seksama. Apakah mereka tipe yang dominan, suka ngatur, suka ngeburu – buru atau pasrah – pasrah aja. Kalau sekiranya masih bisa ditolerir untuk traveling bareng sih, ya LANJOTT!
  2. Cobain pergi ke tempat yang deket dulu. Aku juga memulai trip bareng nyokap itu dari perjalanan 2 hari 1 malam, lanjut 3 hari 2 malem terus sampe akhirnya makin lama (paling lama 10 hari 9 malam kayanya). Dari awal pergi sebentar itulah, kita bisa melihat kira – kira orang tua kita itu “style dan standard traveling“nya gimana. Misal, kayak nyokap, kalau pergi jarak deket gitu, naik pesawat cem A*r As*a sih gapapa, tapi kalau agak jauh, kakinya pernah bengkak soalnya space kakinya sempit. Jadi kalau perjalanannya cukup jauh, harus cari transport yang lebih nyaman. Nah, sesuaikanlah.
  3. Itinerary. Sebelum pergi, aku selalu bikin itinerary detail, pelajarin bener – bener dan “presentasiin” ke nyokap. Ini sungguhan HAHA. Jadi nyokap bakalan liat calon tempat – tempat wisata yang bakal dikunjungi. Nah, di sini nyokap akan bilang semacam : “Wah, bagus tuh Dess” > Nah, ini akan masuk ke list. Tapi kalau beliau sudah bersabda, “Ah, ngapain ke sana, sayang – sayang waktu.” > Coret dari list. Semacam kuil, taman gitu – gitu sih emak aku udah pasti males, tapi kalau yang namanya tempat belanja, baru deh YES! Hahaha. Pastiin juga itinerary yang dibuat cukup santai. Ingat, kita bawa orang tua loh *ini self reminder karena aku selalu pingin ke semua tempat hahaha.
  1. Soal makanan, penting untuk tau dan tanya kira – kira orang tua kita suka tipe makanan apa, Chinese Food-kah, harus makanan yang Indonesia banget kah, harus nasi, mie atau apa. Ini penting supaya sebelum pergi kita bisa cari referensi dulu.
  2. Hotel/tempat tinggal selama traveling. Kebetulan buat nyokap, ini adalah elemen terpenting. Pastiin tempat tidurnya nyaman dan nyokap selalu pesen twin bed (tempat tidur yang terpisah). Enak nih, jadi kalau kita masih belum mau tidur, ga ganggu deh hehehe. Pastiin juga kalau hotel yang dipilih gampang akses transportasinya, karena kalau jauh, kasihan orang tua kita *pengalaman huhu.
  3. Istirahat. Di trip kemarin ini, ternyata medannya cukup berat dan nyokap yang umurnya udah 50++ ternyata udah mulai gampang lelah, sampai ada kejadian : nyokap hampir jatuh pas naik eskalator saking lemesnya. So, penting banget buat selalu mastiin keadaan orang tua kita, sering – sering tanya, cari tempat duduk dan istirahatlah sehabis perjalanan yang cukup melelahkan. Lesson learned sih, better pakai tour ya karena tinggal duduk di bus terus turun di tujuan atau pakai taxi/Grab/Uber aja ke mana – mana. Jangan kuatir, kurs akan langsung menyesuaikan ke mata uang di negara setempat kok sekalipun kami download aplikasi Grab atau Uber di Indonesia.
  4. Budget. Sebelum pergi, gue selalu bikin detail budget dan info ke nyokap. Ini penting (biar nyokap bawa lebihan eh) buat kita tau apa aja yang harus dibeli online duluan seperti tiket, hotel, tiket masuk wisata dan berapa uang yang harus kita tukar dengan uang yang berlaku di tempat tujuan.
  5. Jangan lupa selalu ingatkan supaya orang tua bawa obat – obatan pribadi. Kenapa? Kadang mereka lupa. Kayak nyokap gue kemarin ini, lupa bawa obat darah tinggi, padahal udah kepalang makan durian. Sungguh warbiasa, alhasil doi ga bisa tidur. Jangan lupa bawain vitamin juga!
  6. Selalu cek cuaca tempat tujuan, jangan sampai salah kostum. Jangan lupa untuk membawa payung/ topi besar, kacamata hitam, kaos kaki, sendal, sepatu. Cuaca juga berhubungan dengan rencana tanggal bepergian. Diskusikan dengan orang tua terkait musim yang diinginkan.
  7. Jangan lupa BAHAGIA. Moment liburan bersama orang tua itu tidak akan pernah terulang dan pastinya selalu SPESIAL

Akhir kata,

Selamat merencanakan liburan bersama orang tua :’)

Traveling with parents : NOW or NEVER!

Atau, dari kalian yang sering pergi bareng orang tua juga, ada tips lainnyakah? Share yaa :’)

4 comments

  1. Yap, nomor 1 itu karakter. My mom gak suka traveling, kalau jalan mesti ada tujuan atau ada keluarga yg didatangi, kalau gak ada bolehlah diajak ke wisata alam. Intinya beda jalan2 ngajak pasangan dengan ngajak ortu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s