Detox Social Media

Baru sekitar 2 mingguan ini, aku nyobain uninstall Instagram dari handphoneku. Walau di kantor, aku masih bisa buka sesekali dari laptop buat cek DM atau lihat – lihat sekilas. Jadi biasanya hari Selasa sampai Jumat aku uninstall, Sabtu atau Minggu aku install lagi. Rencana sih gini terus karena selama 2 minggu ini dicoba kok ngerasa jadi lebih happy dan produktif hehe.

Kenapa aku sampe ngelakuin detox social media?

1. Ga semua postingan berguna.

Aku merasa terlalu banyak posting hal – hal remeh yang ga berguna atau kurang ada faedahnya. Dipikir – pikir ngapain deh, seakan setiap hari jadi harus posting sesuatu kadang tuh. HAHA.

2. Ga semua postingan aku bisa jadi berkat.

Contohnya ketika aku posting Casey, anakku, bikin susu sendiri dalam jumlah banyak, eh ada mamak yang resah karena anaknya ternyata susah minum susu. Atau pas posting anakku makannya lahap, yang padahal seringnya harus berjuang banget juga karena anakku itu picky eater, ada mamak – mamak yang insecure dan curhat anaknya susah banget makan.  Padahal kan sama haha. Aku jadi takut mamak – mamak lain yang ga komen juga mungkin mengalami miskom yang sama.

3. Punya lebih banyak waktu dengan anak.

Aku jadi punya lebih banyak waktu buat quality time sama anak, karena jadi ga fokus liat HP terus. Ternyata socmed itu cukup menyita waktu lho, karena begitu asik liat Instagram story atau sibuk Whatsapp-an jadi suka lupa waktu kan.

4. Lebih produktif.

Jadi bisa punya banyak waktu buat lakuin hal – hal yang lebih produktif di kantor. Tau kan secara buat bikin caption atau milih foto/video Instagram itu kadang ngabisin cukup banyak waktu. Aku juga jadi punya lebih banyak waktu buat me time dan ngelakuin hal – hal yang aku suka, salah satunya drakoran. HAHA.

5. Jadi lebih BERSYUKUR dan happy.

Tau sendiri kan Instagram katanya kebanyakan diisi sama hal – hal yang bahagia aja dan pingin banget ditunjukkin atau dibanggain sama orang – orang. Belum lagi racun barang – barang dari Shopee/Tokopedia affiliate yang suka bikin kepikiran kalo ga dibeli. Padahal aku juga suka ngeracun hehe. Belum lagi racun liburan di mana – mana sekarang ini. Sebagai manusia biasa, ya kadang suka khilaf dan kepingin juga, yang akhirnya berujung boros atau jadi banyak ngayal mau jalan – jalan ke mana gitu HAHA.

Jadi untuk kenyamanan hati, mental, dan kantong aku mutusin buat mengurangi interaksi di social media dulu atau cuma akan posting hal – hal yang bersifat review dan menghibur aja rencananya. Semoga niat baik ini bisa berjalan lancar amin. Hehe. Cobain juga deh.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s