9 Tips Hidup Hemat

Kali ini aku lagi dapat insight soal persiapan menuju 2023, yang katanya penuh isu resesi dan gelap dan sebagainya. Jadi selain suka nonton drakor, aku tuh suka juga liat dan baca-baca soal keuangan.

Ada 3 akun yang sering aku pantengin.
1. Akunnya Sam & Claudya soal frugal living alias hidup hemat. Mostly aku seringnya mampir ke Instagram sama Youtubenya mereka.
2. Akunnya Felicia Putri Tjiasaka. Ini juga sama, Instagram sama Youtubenya.
3. Akun IG-nya @glimpse.inc soal saham.
Sementara 3 akun itu aja sih yang sering aku kunjungin.

Eh pas banget kemarin itu, aku nonton Youtube-nya Sam & Claudya dan lagi bahas soal 9 tips hidup hemat yang imho cocoklah buat persiapan 2023. Nih aku rekapin buat kalian ya.

9 Tips Hidup Hemat ala Vicki Robin

1. Jangan pergi belanja.

Terutama window shopping tanpa tujuan dan jangan sering-sering buka e-commerce kalau emang ga lagi butuh apa – apa. Aku sendiri sejak tahun lalu sering banget sengaja ngosongin troli belanjaan supaya ga boros. It works banget sih menurutku. Karena seringnya troli belanjaan tuh jadi semacam wishlist, dan begitu ada isinya, rasanya pingin beli semuanya HAHA.

2. Hidup sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Jangan sedikit – sedikit healing atau beli barang dengan dalih self reward katanya.

3. Rawat dan sayangi apa yang kita miliki.

Ini berlaku bukan cuma buat barang aja tapi tubuh yang akan kita pakai seumur hidup ini juga.
Jadi macem tas/sepatu kulit ya harus kita jaga dan simpen dengan baik supaya awet, ga gampang jamuran dll. Sementara tubuh kita ini juga perlu kita rawat dengan makan yang bener dan olahraga yang rajin *duh ketampol hehe.

4. Wear it out. Pakai barang sampai rusak.

Kalo masih bisa direparasi, jangan beli lagi ceunah. Waw. 

5. Learn to do it by yourself.

Ga semua – semua harus bayar jasa orang supaya cepet beres dll. Ada kalanya ketika kita urusin sendiri bisa nambah skill atau pengalaman baru yang bikin happy. Misal urusin dokumen atau perpajakan. Ngurus sendiri jauh lebih murah, minusnya mungkin lama hehe.

6. Anticipate your needs.

Budgetin jauh2 hari biar ga ganggu tabungan. Misal: pajak mobil tahunan, maintenance rumah, premi asuransi yang dibayar sekaligus tahunan, ganti gadget. Sebisa mungkin di 2023 ga ambil tambahan cicilan konsumtif karena we’ll never know kan ke depannya gimana, jangan sampe ga bisa bayar cicilan di tengah jalan.

7. Cari harga yang lebih murah.

Bisa compare harga dulu di beberapa tempat sebelum beli atau beli barang preloved yang kualitasnya masih super bagus.

8. Riset valuenya.

Bukan sekadar murah tapi cepet rusak. Jadi gapapa banget beli barang yang mungkin kesannya mahal tapi kalau diitung2 lagi ternyata jauh lebih awet.

9. Find substitute.

Cari pengganti yang lebih murah. Misal cari merk lain dengan kualitas yang sama atau daripada makan siang di luar mending bawa bekal. Contoh lain: masak di rumah pas weekend bukan pesen *sensor*food. Duh ketampol lagi haha. Wah, banyak yang relate ga nih? HAHA. Yuk bisa yuk, dari sekarang belajar menghidupi ke-9 tips tersebut biar 2023 nanti jadi lebih baik dan penuh harapan. AMIN.

2 comments

  1. Hmm. Mantab sih.. tapi lebih mamtan lagi kalo bahas.. skill² luar biasa yg bisa di upgrade buat 2023 nnti, sekalian nambah pengalaman baru. Di tunggu yaa

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s