Jelajahi Dunia dengan 5 Tips Ini

IMG-20170522-WA0023

Hi guys, tahukah kalian kalau menurut data Nielsen, sekarang ini orang lebih banyak mengeluarkan uang untuk leisure activity, salah satunya untuk traveling. Saat ini, traveling bahkan telah menjadi life style bagi banyak orang. Rasanya resah jika dalam setahun tidak menginjakkan kaki ke tempat baru. Ada yang ngerasa kayak gitu juga? Saya haha.

Masalahnya, traveling ini seringkali tidak murah. Ada harga yang harus kita bayar.

Ya, terlepas dari pilihan destinasi berlibur ke dalam maupun luar negeri, berikut 5 tips untuk menjelajah dunia yang selalu saya terapkan untuk berlibur. Semoga bermanfaat.

  1. Menentukan Tujuan

Penting banget bagi kita untuk tahu tujuan berlibur. Gimana bisa mempersiapkan dana yang diperlukan, kalau kita ga tau ke mana kita akan pergi? Biasanya saya mampir ke situs milik travelblogger untuk mendapatkan inspirasi atau dari sekedar melihat postingan teman yang kelihatannya seru banget di feeds Instagram. Boleh juga mampir ke kanal traveling milik saya untuk mendapatkan sedikit tambahan referensi liburan. Ada banyak hal yang biasa saya cermati terkait tujuan wisata, mulai dari cuaca, perbedaan waktu, adat istiadat, hingga makanan yang menjadi ciri khas di sana. Tidak lupa juga untuk mencari rekomendasi oleh-oleh.

  1. Menyiapkan Budget

Setelah mendapatkan gambaran jelas dari tempat yang kita tuju, sekarang saatnya bagi kita untuk memetakan pendapatan dan menyisihkan sebagian dari penghasilan kita secara konsisten ke pos “jalan-jalan”. Caranya, begitu kita gajian, dana tersebut harus langsung kita sisihkan. Kalau perlu, buat rekening baru khusus untuk menampung dana liburan kamu. Supaya lebih achievable, bisa juga dengan menggunakan dana tambahan dari THR atau bonus. 

Besar biayanya bisa disesuaikan dengan destinasi wisata, semakin jauh ya semakin mahal.  Lebih gampangnya, kita bisa cari tahu dengan mampir ke website travel agent dan lihat harga paket tour all-in  yang mereka tawarkan. Biasanya kalau kita pergi sendiri (tanpa nyasar), biayanya bisa jauh di bawah itu. Kita juga bisa melakukan survey kecil-kecilan dengan menanyakan biaya yang diperlukan ke orang-orang yang pernah ke sana sebelumnya atau dengan melihat review perjalanan orang lain.

  1. Membeli Tiket & Akomodasi

Saat ini, transportasi favorit traveler adalah pesawat terbang. Sayangnya, harganya seringkali dianggap mahal bagi sebagian orang. Jangan kuatir, kita masih punya alternatif moda transportasi yang tidak kalah nyaman tapi jauh lebih murah yaitu kereta api. Saya pribadi prefer menggunakan kereta dibandingkan dengan naik mobil atau bus. Kenapa? Karena perjalanan dengan mobil itu seringkali melelahkan karena macet cet cet. Sementara kalau harus naik bus, tubuh saya seringkali menolak karena anaknya gampang mabok darat haha. Sedangkan dengan menggunakan kereta, kita bisa menghemat banyak waktu di perjalanan karena bebas hambatan. Cek Harga Tiket Kereta Api Termurah disini

Setelah tiket pergi dan pulang sudah di tangan, tiba saatnya untuk mencari tempat menginap selama berlibur. Biasanya, saya akan membandingkan beberapa situs untuk mendapatkan harga kamar hotel yang terbaik, paling murah maksudnya. hehe.

Jika saya merasa harga tiket atau kamar hotel yang saya beli cukup mahal, kadang saya melakukan pembayaran dengan metode cicilan menggunakan credit card. Serunya pakai cicilan ini jadi tidak terasa, tau-tau udah lunas dan siap untuk liburan 🙂 O iya, menurut para pakar perencanaan keuangan, sebaiknya semua biaya liburan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum liburan dan haram hukumnya untuk meninggalkan hutang yang masih harus dibayar setelah liburan. Kenapa ya kira-kira? Analisa sok tau saya sih bilang karena jika masih ada hutang yang harus dibayar after holiday, kita jadi males bayarnya karena masa-masa indah liburannya kan telah usai haha. Make sense dong?

Terakhir, kita bisa sekalian mencari tahu event apa yang sedang berlangsung di tujuan wisata kita. Siapa tahu ada konser yang menarik dan bisa kita masukkan sekalian ke dalam itinerary perjalanan kita. Mana tahu, bisa ketemu jodoh sekalian di acara itu kan hehe. Nah, Tiket Konser Beli di Tokopedia

  1. Menyusun Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan adalah bagian terpenting. Dengan adanya itinerary, kita bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak tempat wisata untuk disinggahi. Perencanaan ini juga mengurangi kemungkinan kita nyasar. Contoh itinerary bisa dilihat di sini.

Itinerary biasa memuat waktu, destinasi, cara menuju ke lokasi dan biaya yang dibutuhkan selama perjalanan. Inspirasi saya dalam menyusun itinerary berasal dari detail paket liburan yang ditawarkan oleh travel agent ditambah berbagai rekomendasi tempat wisata yang saya dapatkan dari blogwalking.

  1. Berolahraga

Nah, ini adalah poin penting yang seringkali dilupakan oleh para traveler. Terlalu sering jalan-jalan tanpa memperhatikan kesehatan. Padahal untuk bisa menikmati hidup dan menjelajah dunia, salah satu syarat mutlaknya adalah SEHAT.

Saya pun baru mulai mampir ke gym lagi di awal tahun ini sebagai resolusi 2018. Itu pun didasari oleh kecintaan saya pada traveling yang menyadarkan saya bahwa banyak sekali tempat wisata yang mengharuskan berjalan kaki lumayan jauh untuk sampai di tempat tujuan. Sebagai contoh, kalau kita pergi ke Singapura atau naik gunung, itu kan butuh banyak jalan kaki dan sayang banget kan kalau kita sampai harus melewatkan banyak destinasi cuma karena kelelahan. That’s why juga, orang – orang di Jepang sana, yang sering jalan kaki kemanapun jarang banget berbadan gendats dan mereka sehat – sehat hehe.

Selain itu, lumayan juga loh olahraga ini bisa menumbuhkan kesadaran untuk hidup lebih sehat dan bisa bikin kita mengurangi cemilan atau jajanan yang ga penting, jadinya bisa ditabung deh duitnya buat jalan-jalan atau beli tiket konser yang seru. Hehe.

Ada yang punya tips dan trik yang lebih seru kah untuk menjelajah dunia tanpa menguras kantong? Yuk berbagi.

Let’s prepare and enjoy your holiday ASAP!

Wherever you go, go with all your heart – Confucius 

 IMG-20170522-WA0001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s