Mau Beli Mobil? Baca Ini Dulu

“Punya mobil asik kali ya.”
“Ga kehujanan.”
“Kalau mau pergi kemana – mana, ga usah repot nunggu babang Grab/ Go Car.”
“Mau ke mana – mana juga gampang.”
“Ga perlu deh dempet – dempetan lagi di kereta atau bus.”
“Ga perlu juga ketinggalan jemputan kantor.”
“ASIK BANGET YA.”

Nah, mungkin itulah sebagian pemikiran yang ada sebelum seseorang memutuskan untuk membeli kendaraan, dalam hal ini, mobil.

Padahal setelah aku dan suami merasakan sendiri gimana rasanya, tidak seindah kelihatannya, Ferguso. Haha.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Sebagai gambaran real, aku share informasi biaya maintenance mobil kami yang sebelumnya aja ya, Avanza 1.3 M/T tahun 2013. Next, aku akan share biaya perawatan mobil matic yaa.

Jadi, biaya permobilan itu, sbb:
1. Bensin. Kebetulan mobilku cuma dipake jauh setiap hari Sabtu – Minggu aja (weekend), dan aku seringnya cuma pake ke kantor dari rumah yang berjarak 10 menit aja, jadi sebulan itu cuma butuh Rp 300 – 350 ribu saja, Pertalite ya.

2. E-toll
Karena ya itu tadi, paling cuma lintas tol ke Bogor kota, maklum rumah di perbatasan Kabupaten hehe, atau cuma ke Sentul aja yang deket, jadinya sebulan itu cuma ngisi sekitar 100 – 150 ribu aja.

3. Biaya service berkala
Setiap 6 bulan sekali atau 10.000 KM (mana yang lebih dulu tercapai), itu biasanya keluar duit kisaran 1,5-2 jutaan, ini biaya untuk service di bengkel resmi ya. Bisa juga kalau cuma ganti saringan sama oli aja, tapi kan ngeri – ngeri sedep yaa hehe. Pengalaman dulu pake Avanza 6 tahun dan selalu service di bengkel resmi sih ga pernah sekalipun mogok, dan harga jual pun terbilang masih sangat bagus. hehe.

4. Pajak Mobil
Ini dibayar setiap tahun, sekitar Rp 3-4 jutaan deh untuk Avanza itu, lupa berapa persisnya hehe. Maklum, suami yang bayar. Makin bagus dan baru jenis mobilnya, tentu pajak akan semakin mahal.

5. Cicilan Mobil
Nah, cicilan ini juga beragam, semuanya tergantung DP. Semakin besar DP ya cicilannya semakin kecil. Begitupun sebaliknya. Untuk avanza, kisaran 3-5 juta deh/bulan tergantung DP ya hehe.

5. Ganti Aki (ini bisa masuk ke biaya service berkala juga ya)
Aki biasanya diganti setiap 3 tahun sekali atau tergantung kapan soaknya haha.
Ini biayanya lupa deh, sekitar berapa ratus ribu deh kayanya ya. Ada yang bisa bantu nambahin? hehe

6. Ganti Ban
Nah, ini juga perlu dipikirin. Yang lalu itu, setelah 4 tahunan akhirnya ganti ban juga HAHA, udah gundul banget dan udah mengerikan ketika dibawa ke tol. Itu pun tergantung merk bannya, yang lalu itu ganti 4 ban sekalian spooring balancing sekitar 2 jutaan deh. Lumayan pedas di kantong haha.

7. Bayar Asuransi
Nah, kalo mobil baret atau amit-amit ada accident dan masih under asuransi, lumayan nih, cukup bayar sekitar 300 ribuan per kejadian. Yang repot kalau ga pake asuransi, duh bemper rusak aja bisa jutaan kali tuh.

8. Biaya Cuci Mobil
Buat yang males cuci mobil di rumah, kayak aku, perlu banget nih siapin budget ini. Sekali cuci mobil yang paling ngirit sekitar 45 – 50 ribu deh, itu udah sampe ke mesin – mesin bersihinnya. Biasanya sih bersihin cuma 1-2 x sebulan HAHA.

9. Biaya Coating Mobil
Kalau mau cat mobil mengkilap terus, keliatan kinclong dan wet look terus, bisa tuh dilaminating catnya alias coating. Browsing aja ya kalau penasaran, takut salah hehe. Kalau kisaran harganya, mobil macem Avanza itu masuk kategori “middle” di harga Rp 4 juta, dengan garansi 2 tahun, tapi setiap 6 bulan bisa touch up lagi dan bayar 400 ribu. Kalo mobil lebih gede macem Pajero gitu, masuk ke “large” dan bisa kena sekitar 4,5 juta.

10. Biaya Isi Angin Ban. Kalau bannya udah diisi nitrogen, biasanya disaranin untuk isi angin setiap bulan, sekitar 4 ribu per ban deh. Itung aja 16 ribu deh ya sebulan.

11. Biaya Parkir.  Kalau nongkrong lama di mall, jangan kaget kalau tiba – tiba bayaran parkirnya mehong haha.

12. Pak Ogah. Sering dianggep sepele, tapi kalau diitung – itung lagi, uang kecil untuk Pak Ogah ini juga bisa dikategorikan pengeluaran wajib karena toh seringkali kita harus refill uang di mobil kan. Hehe.

13. Biaya Tilang. Kalau lagi apes bisa aja kan kena. haha, amit – amit tapi.

14. Biaya Modifikasi. Kalau – kalau kepingin.

15. Pengharum Mobil. Gue sih biasa pake yang 35 – 45 ribuan sebulan sekali. hehe

16. Gaji Supir. Kalau ini, jelas kelasnya beda ya hehe, kalau kita sih masih nyetir sendiri.

17. Tisu Mobil. Ini buat jaga – jaga kalau abis becek kena ujan atau ada sesuatu yang tumpah di mobil haha.

18. Tambal Ban. Kalau amit – amit, bocor di tengah jalan. Belum lagi kalau harus bayar orang untuk bantuin dongkrak, apalagi ciwi – ciwi kan suka ga biasa. Apalagi aku, ga ngerti sama sekali, cuma bisa make mobil doang hehe.

Nah, tinggal dijumlahin deh semuanya dan dibagi rata untuk dihitung per bulannya.

Mahal? Relatif sih ya, tergantung kebutuhan juga. Kalau aku sih ngitungnya cuma simple, kalau naik ojek PP rumah – kantor sebulan itu sekitar 500 ribu, sedangkan isi bensin full buat sebulan cuma sekitar 300 – 350 rebu. Sisanya: embel2 perawatan, cicilan dsb-nya biar pak suami yang merogoh isi kantongnya. Semoga dia ga baca tulisan aku yang ini ya. HAHA

Sebagai perbandingan, sebelumnya mobil itu dipakai suami bolak-balik ke kantor di Tanjung Barat situ dan beda pengeluarannya lebih mahal sekitar 1-2 juta per bulan untuk tambahan tol dan bensinnya aja. MAKJANG, sayang banget kan, dan akhirnya Pak Suami mutusin untuk pake kereta aja ke kantor. Di samping, ngurangin stres karena macet – macetan di jalan hehe.

Jadi, menurut kamu, ada tips dan trik apa nih untuk menghemat pengeluaran mobil? Atau ada tambahan info pengeluaran mobil lain yang mungkin aku kelewat? Silahkan info di komen ya.

3 comments

  1. no.3 itu lumayan menguras kantong sih cik. tiap ditelpon dealer mobilnya disuruh servis berkala mendadak pusing. hahahaa
    kemarinan saking malesnya aku cuci mobil sendiri dan males juga bawa ke car wash, aku panggil go auto cik. lumayan, 50ribu bersih banget kok. tapi gabisa bersihin bawahnya hahahaha … *bukan untuk ditiru*

    Like

    • hahahaha samaa, suamiku jg kayanya mendadak puyeng tiap harus service deh 😂 waaaah, kok menariiik. next, mau coba ah Go Auto hahaha. tengkiui infonyaaa yaaah siss 😚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s