Review Erha Clinic Bogor

Yak, di usia gue yg 26 tahun-an ini, gue baru menyadari kalo perawatan muka itu penting, karena wajah itu aset dan muka ini bakalan dibawa sampe mati, duh. Agak telat memang mengingat muka gue udah rada kusam dan flek hitam bermunculan di sana-sini. Tapi ga pernah ada kata terlambat buat memulai bukan? Daripada engga sama sekali. Ini cuma kata-kata penghiburan diri sendiri. Haha.

Yak, lanjut ke topik, Erha Clinic Bogor itu lokasinya di seberang Ace Hardware yang ada di deket Mall Jambu Dua (ga tepat di seberangnya sih, sanaan dikit, warna gedungnya abu-abu di sebelah BCA), buka dari jam 09.00 – 17.00 WIB, Senin-Minggu. Khusus Sabtu, buka sampe jam 21.00 WIB loh. Gue pun coba dateng ke sana pas hari Sabtu.

Sabtu pagi, April 2017, gue coba hubungi by phone untuk booking konsultasi dan jawabannya, “Maaf Bu, untuk konsultasi bisa langsung datang dan ambil nomor antrian.”

Okay.

13.00 WIB, gue sampai ke Erha dan voila, rame banget itu orang yang duduk antri. Gue pun ke resepsionis untuk menanyakan dokter. Ada 2 dokter yang bertugas hari itu, salah satunya dr. Vitresa yang pendaftaran konsulnya bisa dari jam 12-2 siang, katanya. Oke, gue pun mendaftarkan diri dan mengisi form kartu pasien, karena gue baru ke situ. Info dari pihak resepsionis mereka akan menghubungi gue jika sudah giliran gue. Fine. Gue pun beranjak ke dekat situ untuk les nyetir mobil dulu haha.

Lanjut, daftar jam 1 siang itu gue dapet no antrian ke 22, dan infonya, dokternya belom dateng. War biasaaa..

Singkat cerita, jam 3 sore, gue udah selesai latihan mobil nih (2 jam), gue pun balik lagi ke Erha sambil menanyakan nomor antrian terkini. Baru no 9 dong guys, masih ada 12 orang lagi katanya. Luar biasaa. Gue pun dipersilahkan untuk langsung menunggu di lantai 2, tempat ruang tunggu konsultasi berada.

Di lantai 2, jeng jeng, banyak banget yang udah nunggu, mulai dari mbak2 kece yang mukanya udah kinclong banget, sampe mbak2 yang mukanya ditutup masker, dan jerawat2nya mengintip keluar. Fiuh. Rame banget, kalo sabtu harus kuat nunggu deh gue rasa

Setelah hampir 1 jam menunggu, tibalah giliran gue dipanggil. “Mbak Dessy Natalia”

Sambutan hangat gue terima dari dokter dan asistennya, dengan menggunakan kaca pembesar dan sentuhan singkat pada muka gue (seharga 175rb loh konsul doang haha) terjadilah pembicaraan singkat semacam ini:

“Pernah ke dokter kulit sebelumnya?”

“Belum Dok. Ini pertama kalinya.”

“Oke, keluhannya apa aja nih?”

Sebelum gue menjawab, dokternya udah berkata, “Oh, ini ya, agak kusam dan beruntusan nih. Sama fleknya ini ya.”

“Iya, Dok, ” jawab gue.

“Kamu sering beraktifitas di outdoor?”

“Engga Dok.”

“Oke, saya buatkan resep ini ya : pembersih muka, krim pagi (moisturizer), SPF indoor, krim malam dan penghilang fleknya ya.”

“Oke Dok. Ini bisa ngilangin flek saya ya?”

“Ya, mungkin bertahap kalo untuk hilang, paling engga bisa menyamarkan. Muka kamu sensitive ya, itu keliatan langsung merah kalau dipegang, saya kasih kamu krim malam untuk muka sensitive ya. Nanti 2 minggu lagi, kamu konsul lagi ya. Saya mau liat obatnya cocok atau engga, kurang cepet atau engga reaksinya. Tebus obatnya di bawah ya.”

“Oke Dok. Makasih ya.”

Ga sampe 5 menit guys, padahal antriannya (termasuk waktu latihan mobil dulu) nyaris 3 jam (let me say ini keterlaluan). Hahaha.

Sesampainya di tempat ambil obat, kita harus bayar dulu. Nah waktu itu total yang harus gue bayar adalah Rp 581.000,- Taraa.. cantik itu memang ga murah ya. Berikut rincian yg harus gue bayar di kunjungan yang pertama.

20170629_102337

Berikut tampilan obatnya (2 krim pagi, 2 krim malam, 1 cuci muka):

erha 1

Gue pun masih harus balik lagi setelah 2 minggu ke depan untuk konsultasi (Rp 175.000). War biasa.

Setelah pemakaian 2 hari, muka gue yang tadinya beruntusan, mulai mulus guys. Selain itu, entah halusinasi atau engga, kata suami gue kelihatan lebih cerah. Ga ada reaksi yang berarti sih sejauh ini, ga ada merah, ngelupas atau apapun. Aman. Jadilah gue males balik lagi sampe obat habis nih ceritanya haha. Konon katanya, kalo 2 minggu balik trs obatnya ga cocok, bisa diganti dong obatnya, kan pedih juga yak 581rebu buat 2 minggu doang. Glek. haha.

So, singkat cerita, 1 minggu pertama, beruntusan hilang. Kulit mulus lus lus.

Minggu kedua, kusam mulai luntur, kinclong mulai terbit. Hahaha. Muka jadi cerah. Temen2 mulai pada sadar sama perubahannya.

Tinggal fleknya nih yang perlu waktu. hoho.

Sebulan kemudian, flek mulai pada tersamarkan, jerawat ga berani muncul sama sekali.

Keren juga nih Erha!

Kunjungan Kedua

Sayangnya, gue sempet pergi cukup lama, dan obat gue keburu abis, jadinya pas gue konsul lagi (udah telat banget, nyaris 2 bulan setelah konsul yang pertama hahaha), gue pun harus ngulang obat yang sama lagi huh hah, karena sempet kehabisan obat sekitar 1,5 minggu dan muka gue balik beruntusan lagi huhu. 581rebu keluar lagi ye kan, obat sama persis kayak yang gue share di kunjungan pertama, tapi sama dokter Eltriani namanya, harus balik lagi after 1 bulan. Setelah rajin dan rutin merawat muka selama sebulanan itu, kinclongan deh muka gue. Kusem sama beruntusan udah bye bye. Senangg..

Kunjungan Ketiga

Dokter Karunia bilang muka gue udah bagus secara tekstur, udah sehat, mau ngapain katanya.

Gue bilang, fleknya masih ada keliatan banget nih dok.

Lalu dibuatin lah gue resep dengan perubahan pada obat malemnya.

Berikut terlampir kuitansinya (gue ga tebus cuci muka seharga 71rebu karena masih ada). Rinciannya 494.500 + 88.000 (ini tambahan obat barunya) + 71.000 (ini cuci muka yg ga gue tebus) = Total Rp 653.500,- (dikurangin sama obat yang masih ada, ga gue tebus).

20170630_155825

Mahal juga yak haha. Yah begitulah kura-kura, gue sempet tanya kok ada obat acne sesuatu, padahal gue kan ga berjerawat, katanya fungsi ngebersihinnya bisa dipake buat hilangin fleknya. Let me try and update this blog asap 🙂

*khusus buat pencuci muka, 1 botol itu gue awet sih bisa pake sampe 3 bulanan lebih haha.

*Kalo mau ga antri lama, gue biasa dateng konsul after pulang kerja di hari Senin/Selasa/Jumat, di jam 5 sore, itu cuma antri 1-2 orang. SURGA.

*Harga facial sama peeling di Erha ini start 250ribu kalo ga salah, mahal sih, sayang juga, belum pernah coba hahaha.

Update. Gue ga cocok sama sekali deh sama cream ANC (ga cocok juga sama si dr. Karunia itu), ati2 guys kalo dikasih cream itu karena nyokap, tante sama temen gue juga ga cocok sama resep dari si dokter ini, jadi kenceng mukanya, ketarik gitu. Trus merah ga jelas, malah ada yang jadi jerawatan keluar semua. Selebihnyaa okee sih. Cuma memang ya kalo obatnya abis, muka langsung balik lagi ke asal, beruntusan dan kasar. Kezel. Addicting sih obatnya. Cuma gimana yaah.. Katanya sih sekalipun lagi hamil, obatnya aman. Memang cantik itu mahal ya.

*Setelah 3x konsul dan disuruh balik konsul setiap bulannya, sekarang gue udah masuk ke fase konsul ke dokter setiap 2 bulan sekali. YAY! Lumayan banget deh ngirit 175ribu buat biaya konsultasinya huehe. Terus dibuatin juga resep rangkap 2, jadi bisa ditebus obat yang abis aja di bulan keduanya. Katanya mukanya udah better jauh, walaupun flek masih ada terus hehe. Jadi kalo dulu2 setiap bulan bisa keluar sekitar 400-500ribuan, sekarang di bulan keduanya gue cuma keluar sekitar 200rb. hihi.

Selamat merawat muka sejak dini readers, karena muka itu ASET! ❤

http://www.dessydonat.com

15 comments

    • Halo,
      Aku pake dr.Vitresa yang pertama konsul, Sabtu jam 1 siang.
      Yang kedua aku pake dr.Eltriarni, hari jumat jam 3 sore.
      Obatnya sama, aku jd ulang karena jadwal check up kelewat sebulan hehe. Jgn ditiru ya.

      Keluhannya: beruntusan kayak biang keringet kecil2 sm flek.
      Biasanya sih, kalo ada jerawat sedikit lebih mahal. Cm pas nebus obat itu, kita bisa minta kok nebus yang mana aja dulu gt 🙂 hehe gluck smoga cocok

      Like

    • Hi Bella,
      Bisa kok, aku juga begitu.
      Dokternya biasanya akan menawarkan atau sekedar merekomendasikan di awal konsultasi, disesuaikan dengan keperluan perawatan muka kita juga kayanya hehe.
      Good luck 🙂

      Like

    • halo Pophy,

      iyaa sedih yaa haha.
      cuma kalo setau aku, yang lain juga gitu sih.
      kalo udah ga pake cream perawatan apapun pasti balik lagi.
      biasanya kalo Erha ini sekitar 2 minggu abis ga pake baru deh bener2 kembali ke muka awal #pengalaman aku sih. hehe.
      good luck 🙂

      Like

  1. kak, kira-kira skin care dr erha itu cocok buat remaja gk ya? aku kok rada minder ya buat ke sana, krn aku rasa aku doang yg umurnya masih (terlalu) mud buat ke klinik kyk erha gitu ><

    Like

    • Halo Nad,

      Kamu memang ada keluhan apa sama muka kamu? Hehe.
      Ga masalah kok harusnya ke sana kalo memang muka kamu perlu pengobatan, cuek aja 🙂
      Cuma kalo memang aslinya muka kamu masih bagus atau sekiranya memang cuma sekali2 jerawatan (pas dapet misal), mendingan ga usah karena ini takutnya malah buat ketergantungan loh di kulit kamunya..

      Like

    • Halo Nabila,

      Waktu awal ke sana sih kebetulan aku engga dikasih cream yg nge detox gitu.
      Cuma kayanya tergantung jenis kulit, kemungkinan besar kalo ada jerawat gitu bisa jadi ada nge detox dulu 🙂
      Konsul dulu aja supaya aman.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s