Review Erha Clinic

Yak, di usia gue yg 26 tahun ++ ini, gue baru menyadari kalo perawatan muka itu penting, karena wajah itu aset dan muka ini bakalan dibawa sampe mati, duh. Agak telat memang mengingat muka gue udah rada kusam dan flek hitam bermunculan di sana-sini. Tapi ga pernah ada kata terlambat buat memulai bukan? Daripada engga sama sekali. Okay, ini cuma kata-kata penghiburan diri sendiri, abaikan πŸ™‚

Lanjut ke topik, Erha Clinic Bogor itu lokasinya di seberang Ace Hardware yang ada di deket Mall Jambu Dua (ga tepat di seberangnya sih, sanaan dikit, warna gedungnya abu-abu di sebelah BCA), buka dari jam 09.00 – 17.00 WIB, Senin-Minggu. Khusus Sabtu, buka sampe jam 21.00 WIB loh. Gue pun coba dateng ke sana pas hari Sabtu dan nightmare.

Sabtu pagi, April 2017, gue coba hubungi by phone untuk booking konsultasi dan jawabannya, β€œMaaf Bu, untuk konsultasi bisa langsung datang dan ambil nomor antrian.”

Okay.

13.00 WIB, gue sampai ke Erha dan voila, rame banget itu orang yang duduk antri. Gue pun ke resepsionis untuk menanyakan dokter. Ada 2 dokter yang bertugas hari itu, salah satunya dr. Vitresa (ini oke sih) yang pendaftaran konsulnya bisa dari jam 12-2 siang, katanya. Oke, gue pun mendaftarkan diri dan mengisi form kartu pasien, karena gue baru ke situ. Info dari pihak resepsionis mereka akan menghubungi gue jika sudah giliran gue.

Lanjut, daftar jam 1 siang itu gue dapet no antrian ke 22, dan infonya, dokternya belom dateng. War biasaaa..

Singkat cerita, jam 3 sore, gue udah selesai latihan mobil nih (2 jam), gue pun balik lagi ke Erha sambil menanyakan nomor antrian terkini. Baru no 9 dong guys, masih ada 12 orang lagi katanya. Luar biasaa. Gue pun dipersilahkan untuk langsung menunggu di lantai 2, tempat ruang tunggu konsultasi berada.

Di lantai 2, jeng jeng, banyak banget yang udah nunggu, mulai dari mbak2 kece yang mukanya udah kinclong banget, sampe mbak2 yang mukanya ditutup masker, dan jerawat2nya mengintip keluar. Fiuh. Rame banget, kalo sabtu harus kuat nunggu deh, dan kayanya gue ga akan dateng lagi di hari Sabtu kalo ga terpaksa hehe.

Setelah hampir total 3 jam, tibalah giliran gue dipanggil. β€œMbak Dessy Natalia”

Sambutan hangat gue terima dari dokter dan asistennya, dengan menggunakan kaca pembesar dan sentuhan singkat pada muka gue (seharga 175rb loh konsul doang haha) terjadilah pembicaraan singkat semacam ini:

β€œPernah ke dokter kulit sebelumnya?”

β€œBelum Dok. Ini pertama kalinya.”

β€œOke, keluhannya apa aja nih?”

Sebelum gue menjawab, dokternya udah berkata, β€œOh, ini ya, agak kusam dan beruntusan nih. Sama fleknya ini ya.”

β€œIya, Dok, ” jawab gue.

β€œKamu sering beraktifitas di outdoor?”

β€œEngga Dok.”

β€œOke, saya buatkan resep ini ya : pembersih muka, krim pagi (moisturizer), SPF indoor, krim malam dan penghilang fleknya ya.”

β€œOke Dok. Ini bisa ngilangin flek saya ya?”

β€œYa, mungkin bertahap kalo untuk hilang, paling engga bisa menyamarkan. Muka kamu sensitive ya, itu keliatan langsung merah kalau dipegang, saya kasih kamu krim malam untuk muka sensitive ya. Nanti 2 minggu lagi, kamu konsul lagi ya. Saya mau liat obatnya cocok atau engga, kurang cepet atau engga reaksinya. Tebus obatnya di bawah ya.”

β€œOke Dok. Makasih ya.”

Ga sampe 5 menit guys, padahal antriannya (termasuk waktu latihan mobil dulu) nyaris 3 jam (let me say ini keterlaluan). Hahaha.

Sesampainya di tempat ambil obat, kita harus bayar dulu. Nah waktu itu total yang harus gue bayar adalah Rp 581.000,- Taraa.. cantik itu memang ga murah ya. Berikut rincian yg harus gue bayar di kunjungan yang pertama.

20170629_102337

Berikut tampilan obatnya (2 krim pagi, 2 krim malam, 1 cuci muka):

erha 1

Gue pun masih harus balik lagi setelah 2 minggu ke depan untuk konsultasi (Rp 175.000). War biasa.

Setelah pemakaian 2 hari, muka gue yang tadinya beruntusan, mulai mulus guys. Selain itu, entah halusinasi atau engga, kata suami gue kelihatan lebih cerah. Ga ada reaksi yang berarti sih sejauh ini, ga ada merah, ngelupas atau apapun. Aman. Jadilah gue males balik lagi sampe obat habis nih ceritanya haha. Konon katanya, kalo 2 minggu balik trs obatnya ga cocok, bisa diganti dong obatnya, kan pedih juga yak 581rebu buat 2 minggu doang. Glek. haha.

So, singkat cerita, 1 minggu pertama, beruntusan hilang. Kulit mulus lus lus.

Minggu kedua, kusam mulai luntur, kinclong mulai terbit. Hahaha. Muka jadi cerah. Temen2 mulai pada sadar sama perubahannya.

Tinggal fleknya nih yang perlu waktu. hoho.

Sebulan kemudian, flek mulai pada tersamarkan, jerawat ga berani muncul sama sekali.

Keren juga nih Erha!

Kunjungan Kedua

Sayangnya, gue sempet pergi cukup lama, dan obat gue keburu abis, jadinya pas gue konsul lagi (udah telat banget, nyaris 2 bulan setelah konsul yang pertama hahaha), gue pun harus ngulang obat yang sama lagi huh hah, karena sempet kehabisan obat sekitar 1,5 minggu dan muka gue balik beruntusan lagi huhu. 581rebu keluar lagi ye kan, obat sama persis kayak yang gue share di kunjungan pertama, tapi sama dokter Eltriani namanya, harus balik lagi after 1 bulan. Setelah rajin dan rutin merawat muka selama sebulanan itu, kinclongan deh muka gue. Kusem sama beruntusan udah bye bye. Senangg..

Kunjungan Ketiga

Dokter Karunia bilang muka gue udah bagus secara tekstur, udah sehat, mau ngapain katanya.

Gue bilang, fleknya masih ada keliatan banget nih dok.

Lalu dibuatin lah gue resep dengan perubahan pada obat malemnya.

Berikut terlampir kuitansinya (gue ga tebus cuci muka seharga 71rebu karena masih ada). Rinciannya 494.500 + 88.000 (ini tambahan obat barunya) + 71.000 (ini cuci muka yg ga gue tebus) = Total Rp 653.500,- (dikurangin sama obat yang masih ada, ga gue tebus).

20170630_155825

Mahal juga yak haha. Yah begitulah kura-kura, gue sempet tanya kok ada obat acne sesuatu, padahal gue kan ga berjerawat, katanya fungsi ngebersihinnya bisa dipake buat hilangin fleknya. Let me try and update this blog asap πŸ™‚

*khusus buat pencuci muka, 1 botol itu gue awet sih bisa pake sampe 3 bulanan lebih haha.

*Kalo mau ga antri lama, gue biasa dateng konsul after pulang kerja di hari Senin/Selasa/Jumat, di jam 5 sore, itu cuma antri 1-2 orang. SURGA.

*Harga facial sama peeling di Erha ini start 300 ribuan, sayang juga sih, belum pernah coba hahaha.

Update. Gue ga cocok sama sekali deh sama cream ANC, ati2 guys kalo dikasih cream itu karena nyokap, tante sama temen gue juga ga cocok sama resep dari si dokter ini, jadi kenceng mukanya, ketarik gitu. Trus merah ga jelas, malah ada yang jadi jerawatan keluar semua. *ya mungkin tergantung mukanya, tapi kok serem ya. Selebihnyaa okee sih. Cuma memang ya kalo obatnya abis, muka langsung balik lagi ke asal, beruntusan dan kasar. Kezel. Addicting sih obatnya. Cuma gimana yaah.. Katanya sih sekalipun lagi hamil, obatnya aman. Memang cantik itu mahal ya.

*Setelah 3x konsul dan disuruh balik konsul setiap bulannya, sekarang gue udah masuk ke fase konsul ke dokter setiap 2 bulan sekali. YAY! Lumayan banget deh ngirit 175ribu buat biaya konsultasinya huehe. Terus dibuatin juga resep rangkap 2, jadi bisa ditebus obat yang abis aja di bulan keduanya. Katanya mukanya udah better jauh, walaupun flek masih ada terus hehe. Jadi kalo dulu2 setiap bulan bisa keluar sekitar 400-500ribuan, sekarang di bulan keduanya gue cuma keluar sekitar 200rb. hihi.

*Intinya kembali ke masalah cocok atau engganya ke kulit kita sih ya, sama seberapa kita kuat buat terus make obatnya dan bayar biayanya (loh kok jadi curhat) haha.

Per tgl 2 Jan 2018 ini, obat gue abis sebagian, dan gue pun memutuskan untuk mulai melepas krim dokter sepenuhnya, demi alasan kesehatan kantong (mahal ya bok setiap konsul 175ribu) dan akhirnya hanya memakai sisa facial wash, serum + moisturizer yang bisa dibeli tanpa resep dokter aja.

1

Banyak yang penasaran setelah lepas dari krim dokter, kondisi muka gue gimana dan akhirnya pake apa aja sampe kulit bisa jauh lebih baik. Nah, reviewnya bisa dibaca di sini ya.

Lepas dari Erha Clinic Bogor

Ada yang pengalaman pake Erha juga dan mau berbagi pengalamannya? Atau ada tempat perawatan yang sekiranya lebih worth it, please let me know yaa πŸ™‚

Selamat merawat muka sejak dini readers, karena muka itu ASET! ❀

Jangan lupa mampir untuk ikutan Giveaway aku (sd tgl. 22 Mei 2018 yaa) di sini

Tulisan lain soal skincare, tips dan trik merawat kulit bisa dibaca di sini.

EC Bogor

61 comments

    • Halo,
      Aku pake dr.Vitresa yang pertama konsul, Sabtu jam 1 siang.
      Yang kedua aku pake dr.Eltriarni, hari jumat jam 3 sore.
      Obatnya sama, aku jd ulang karena jadwal check up kelewat sebulan hehe. Jgn ditiru ya.

      Keluhannya: beruntusan kayak biang keringet kecil2 sm flek.
      Biasanya sih, kalo ada jerawat sedikit lebih mahal. Cm pas nebus obat itu, kita bisa minta kok nebus yang mana aja dulu gt πŸ™‚ hehe gluck smoga cocok

      Like

    • Hi Bella,
      Bisa kok, aku juga begitu.
      Dokternya biasanya akan menawarkan atau sekedar merekomendasikan di awal konsultasi, disesuaikan dengan keperluan perawatan muka kita juga kayanya hehe.
      Good luck πŸ™‚

      Like

    • halo Pophy,

      iyaa sedih yaa haha.
      cuma kalo setau aku, yang lain juga gitu sih.
      kalo udah ga pake cream perawatan apapun pasti balik lagi.
      biasanya kalo Erha ini sekitar 2 minggu abis ga pake baru deh bener2 kembali ke muka awal #pengalaman aku sih. hehe.
      good luck πŸ™‚

      Like

  1. kak, kira-kira skin care dr erha itu cocok buat remaja gk ya? aku kok rada minder ya buat ke sana, krn aku rasa aku doang yg umurnya masih (terlalu) mud buat ke klinik kyk erha gitu ><

    Like

    • Halo Nad,

      Kamu memang ada keluhan apa sama muka kamu? Hehe.
      Ga masalah kok harusnya ke sana kalo memang muka kamu perlu pengobatan, cuek aja πŸ™‚
      Cuma kalo memang aslinya muka kamu masih bagus atau sekiranya memang cuma sekali2 jerawatan (pas dapet misal), mendingan ga usah karena ini takutnya malah buat ketergantungan loh di kulit kamunya..

      Like

    • Halo Nabila,

      Waktu awal ke sana sih kebetulan aku engga dikasih cream yg nge detox gitu.
      Cuma kayanya tergantung jenis kulit, kemungkinan besar kalo ada jerawat gitu bisa jadi ada nge detox dulu πŸ™‚
      Konsul dulu aja supaya aman.

      Like

  2. Wijaya platinum skincare juga oke des
    Di bogor aku tau di daerah sukasari sama di CCM
    Dokter yang recommended yg di sukasari dr. Anna & di CCMnya dr. Nurul
    Costnya lebih murah dan terjamin
    (soalnya udah banyak juga yg review kalo ini bagus)
    Dan lebih surganya lagi, konsultasinya FREE hehe

    Like

    • Wah, thank you bgt nih.aku sempet denger juga soal Wijaya itu. Beberapa temen aku juga pindah dari Erha ke sana, salah satu faktor pendukung ya konsul gratis itu 😍😍😍 asap ke sana. Thank you yaa

      Like

  3. Ya ampunn muka kak Dessy yang mulus aja masih perawatan mukaaa apalagi muka mamak mamak beranak 2 ini 😣
    Liat struknya aja udah ngelus dada *mata pun pedihhhh hahaha *mending beli logam mulia yaaa dapet lah 1 gram wkwkw.

    Like

    • Kaaak, ini juga lemes setiap bayarnya. Tapi setiap lepas, muka langsung kacau balau. Ini juga flek masih dimana2 ngalahin emak beranak 2. Gimandose. Yaudah, mending aku ngurangin budget makan dulu biar langsing skalian hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚

      Like

  4. Hai kak des. Berarti kalau cuman facial aja bisa ya? Takutnya kalau mau facial juga harus sekalian beli produk2nya tuh 😦 *masih belum siap nih haha

    Like

  5. Kak kalo pake krim krim dari erha ntar belang ga sama anggota badan yang lainnya? Apakah ada rangkaian perawatan lainnya agar kulit putih menyeluruh ? Makasih sebelumnya kak dessy

    Like

  6. sayy kalau misalkan kita udah konsultasi nii,, trus kita dikasi beberapa rangkaian produkk,,tapii kita ambil sebagian aja bisa gak ya,, misalkan ambil cream malam & siangnya sama sabunnya aja bisa gak ya,, soalnya aku pembersihh pakek viva aja mah udah cukup πŸ˜€ heheee

    Like

    • Halo Sally πŸ™‚

      Biasanya sih kalo aku, obat tuh awet sampe 1,5 sampe 2 bulan hehe, tapi kalo kunjungan awal biasanya disuruh balik ke dokter lagi setelah 2 minggu atau 1 bulan dari kedatangan pertama untuk memastikan kalo obatnya cocok πŸ™‚ good luck.

      Like

    • Halo kak,
      Makasih udah ingetin. Aku lupa terus mau review πŸ˜‚ awalnya sempet balik lagi, tadinya kan kusam, beruntusan dan flek. Nah yg balik tuh, beruntusannya sedikit dan fleknya jadi lebih terlihat. Ini efek setelah lepas obat dokternya ya.

      Terus after pake serum + mosturizernya, jd ga bruntusan lg sih hehe. Cm fleknya emang masih cukup bandel πŸ™‚ tar detailnya aku buat review khususnya yaa hehe.

      Like

  7. Makasih banyak reviewnya ngebantu bgt nih haha kebetulan ogut juga baru mau cobain ke erha. Doain ya semoga cocok. Salam kenal des πŸ˜€

    Like

    • Aku sih 2mingguan udah mulai kinclongan sama alus banget ini muka hehe.

      Itu bs jd obatnya kali ya yg bikin merah..
      Mungkin bisa konsul di kunjungan ke dokter selanjutnya atau kamu telpon ke Erhanya.. bisa kok. Kebetulan dulu aku ga merah2 gitu hehe.

      Like

      • Hehe mungkin efek pertama kali ya mba …

        Sama aku pun udah mulai keliatan agak bening flek samar ….

        Baru seminggu aku pakai.

        Paling merah di pipi gt

        Like

    • Nah, iya sih agak merah2 semu gitu kalo kena matahari aja atau kepanasan hehe. Jadi kayak kepiting rebus gitu awal2.. cuma kebetulan ga kering kalo di aku.. kdg reaksinya beda2 sih ya. Kalo baru awal, tenang aja dulu hehe sampe ke konsul selanjutnya..

      Like

      • Sama2 mba muthia. Salam kenal yaa πŸ™‚ tlp aja ke Erhanya kalo memang kuatir, pihak Erha bisa kasih tau obat mana kemungkinan yg buat muka merah dan biasanya diminta untuk ngurangin pemakaiannya.

        Like

  8. halo mba dessy, salam kenal…
    aku baru pertama kali coba ke erha nih kmrn tgl 24 juni, habis 700 ribuan coba, kan shock yak, itupun obat minum cm 10 biji yg aq tebus hahaha
    trs kmrn ditawarin dokternya suruh microderma/crystal peeling (sekitar 600 ribuan) tapi aq blg, nanti deh dok, mau krimnya aja dulu, trs sm dokternya udah dijadwalin tgl 1 juli utk microderma dan tgl 24 nya utk rejuve (treatment apa gt aq lupa) hahaha
    mehong bgt yah dalam hati wkwkwk
    nah, aq mau nanya, dulu pas perawatan di erha yg habis 400-500rb/bulan itu selama brp lama mba? setelah itu menurun jd 200rb/bulan ya mba? trs utk rekomendasi treatment yg dijadwalin dokternya enaknya diambil g ya mba?
    dan klo jujur nih mba, mnrt pengalaman mba dessy, recommended g sih dgn harga yg segitu? mumpung aq baru sekali kesana hahaha
    makasi sebelumnya ya mba dessy

    Like

    • Halo Mbak Vita,
      Makasih udah mampir ya 😊
      Soal biaya konsul pertama itu memang bervariasi Mbak harganya, bisa antara 400 – 1jutaan, itu semua tergantung kondisi awal wajah kita juga, dan tergantung dokternya juga sih hehe. katanya temen2 yg ke sana sih, biasanya kalo ada jerawat, jatuhnya lebih mahal dan ada obat minum.

      kalo boleh tau, keluhan awalnya kenapa mbak?
      kalo yang lalu, masalahku : kusam, flek sama beruntusan (yg kalo kasat mata ga keliatan) dan yg lalu aku ga dapet obat minum..

      aku sih jadi lebih murah itu sekitar 3 bulan pemakaian obat dan konsul ke dokter gitu mbak πŸ™‚
      kalo menurutku pribadi, mau lanjut atau engganya di Erha tergantung kesiapan kantong juga sih. Karena dulu itu waktu masih pake erha, aku kayak harus nyiapin 600rb sebulan sendiri khusus buat Erha dan itu buatku sih pedih hehe, segitu ga pake treatment2 yang disuruh. Jadi kalo memang Mbak Vita siap dgn segala biaya ke depannya, ya silahkan lanjut.
      Kalo merasa berat, mendingan jangan mbak. takutnya udah ketergantungan kulitnya dan susah lepas dari obat2nya hehe.

      kalo untuk treatment, sejujurnya aku krg paham hehe, cuma kalo untuk rejuve dan facial di Erha katanya sih oke bgt. yg microderma aku kurang tau..

      Semoga agak menjawab ya Mbak πŸ˜‰ hehe

      Like

      • untuk worth it atau engganya dengan harga segitu, sejujurnya menurutku cukup worth it sih hehe. cuma yang lalu memang flek hitam di muka aku agak susah hilang, jadi kalo cuma ngilangin beruntusan sama kusam aja, aku lebih milih pake produk2 lain yang ga bikin ktergantungan hehe.

        Tapi kalo memang mbak belum nemu obat lain yg tepat, ya Erha ini mgkn bs jd solusi πŸ™‚

        Like

  9. wah lumayan memantabkan hati aq utk lanjut nih mba, aq jg baca review dr org2 kebanyakan bilang worth it dgn harganya hehehe
    jujur aq udah make LBC selama 5 taun sampe awal puasa kmrn sih mba, cm di pekalongan g ada LBC, jd aq ribet bgt utk beli krimnya, harus ke tegal atau smrg atau pas keluar kota yg adea LBC nya (jd curcol) πŸ˜€
    sebenernya utk keluhan aq cuma kusam dan kering mba dessy (kmrn pas ditanya dokter aq blg gt) sekaligus jg mau mencerahkan sih πŸ™‚
    oh ya, bukan microderma tapi micropeel mba (baru inget) hehehe
    trs kyknya aq jg g mau sepenuhnya ngelakuin treatment yg disuruh dokter hehehe, abisnya sebulan disuruh 2x treatment (micropeel sama erha light peeling mba)
    nanti disesuaikan sama kebutuhan dan budget aja deh
    apalagi udah mikirin pampers bayik pula wkwkwk
    makasi ya mba dessy πŸ™‚

    Like

    • wah, kalo cuma kusam kering gitu sih, iya jangan treatment dulu Mbak. sayang e πŸ˜‚πŸ˜‚ coba lihat hasil obat dokternya dulu aja hehe. sama nextnya, mgkn bs cb mampir ke dokter lainnya di Erha buat second opinion. Semoga cocok ya Mbak πŸ™‚

      Like

      • Iyaa mba, sayang e πŸ˜‚ makanya aq g nurut dokternya dulu deh. Mau tak liat dulu hasil dr obatnya mba wkwkwk
        Abis itu nunggu sebulan deh baru konsul lg tp coba dokter yg lain seperti saran mba dessy hehehe…
        Makasi bnyk ya mba, postingannya sgt membantu sekali dan sabar bgt jwb pertanyaan2 aq 😊
        Semoga selalu sehat dan cantik terus ya mba dessy…

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s