My Daily Skincare Review

8

Well, akhirnya niat untuk mengulas seluruhhh skincare yang selama ini aku pakai setelah sepenuhnya LEPASSSH dari krim dokter E*ha Clinic pun berhasil aku kumpulkan. Semoga postingan kali ini bisa berguna bagi kalian ya, terutama para pejuang dengan kulit sensitif. Bukan berarti kulit aku udah flawless kayak Song Hye Kyo gitu yaa, no no no, belom! Haha. Cuma jauh lebih baik aja.

Sebagai pembuka, alasan kenapa akhirnya aku memutuskan untuk tidak melakukan perawatan muka di E*ha lagi adalah karena efek obatnya yang cukup ketergantungan  di kulit aku dan mengingat biaya konsultasi ke dokternya yang sekali dateng aja Rp 175.000 di luar obat-obatan apalagi treatment semacam facialnya gitu kok kayanya sayang yaah. Sambil menatap lirih ke dompet.

Baca juga : Pengalaman ke Erha Clinic

So, karena alasan itulah aku pun mencoba mencari alternatif lain yang sekiranya lebih organik dan aman (terutama di kantong cin).

Awal – awal lepas, mukaku sempet balik lagi ke awal, flek hitam mulai bermunculan kembali sodara-sodara, kusem sempet balik juga, beruntusan nih yang paling keliatan, langsung nyerbu lagi semuka. Wow. Panik haha.

Penasaran ga, akhirnya aku pake apa aja? Kalo engga, yaudah tutup aja haha.
Okay, ga usah lama – lama, kita mulai aja ya.

Awal-awal banget, aku masih pake tuh pembersih muka E*ha sampai habis, karena emang cocok dan ga ada kendala. Tapi untuk perawatan di pagi hari, aku mulai dengan penggunaan toner si Pond’s (yang pink) dilanjut sama Moisturizernya E*ha yang bisa dibeli lepasan tanpa konsul/ resep dokter. Itu bagus banget asli buat kalian yang kulitnya kering, banyak banget review dari para beauty blogger yang cocok sama mosturizer E*ha ini. Aku pun termasuk yang teracuni dan sekarang ini lagi berusaha meracuni hehehe.

Sementara untuk sunblock, aku langsung beralih ke si Cetaphil Sunscreen spf 50, karena untuk Sunblock dari E*ha bisa nimbulin komedo, ditambah bedak tabur Innisfree no mineral sebum supaya tampilan akhirnya matte dan ga berminyak. Fyi, warnanya transparan ya dan ringan banget di muka,  berasa ga pake bedak dan ada efek halus ke muka. Lalu, aku pun langsung bergegas ke kantor tanpa pakai apapun lagi. Nah, krim pagi dari dokter udah ga dipake lagi ya.

Malemnya, abis cuci muka pakai sabun muka E*ha, aku pun menggunakan toner Pond’s dan langsung dilanjut pakai Serum dari E*ha, ini serumnya juga bagus dan cocok di kulit aku, awal pemakaian sempet ada sensasi hangat gitu di muka, cuma lama-lama kayanya kebal ini muka badak haha. Review yang aku baca soal serum ini juga banyak dan kebanyakan cocok, makanya aku beli. Wanginya juga oke banget, mirip madu gitu. Teksturnya agak lengket. Bye bye ke krim malem dari dokter (yang padahal ampuh banget ngilangin flek cuma bikin muka jadi gampang merah – merah gitu, katanya sih itu tanda kulit jadi tipis).

1
Produk Erha yang masih aku pake

Udah deh, tidur cantik. Bangun – bangun kulit halus.

Sebenarnya, dengan ritual pemakaian skincare yang seperti di atas itu, kulitku ga  banyak bermasalah sih, no kusam, no beruntusan. Cuma kok ngerasanya masih penasaran banget karena pori – pori masih gede dan flek hitam alias freckless masih keliatan buanyak di muka. Jerawat juga kok masih suka muncul. Fyi, waktu pake obat dokter itu si flek emang jauh banget berkurang. 

Setelahnya, aku coba ubah dengan formula skincare ala – ala sbb:

*Formula 02

Pagi :
Cuci muka pakai Cetaphil (ini setelah facial wash dari si E*ha abis)
Lanjut toner Pond’s dan moisturizer E*ha
Sunblock Cetaphil
Bedak tabur Innisfree

Malam : 
Toner Pond’s
Serum E*ha

Hasil : 
Malah jadi suka muncul jerawat gitu. Curiganya sih sama si Cetaphil. Katanya sih mungkin proses detox or whatever tetep aja ganggu ya kan hehe. (Review detail soal Cetaphil Facial Wash dan Sunscreen ada di sini)

Akhirnya lelah tapi masih penasaran, sampe akhirnya nemu formula yang kayanya udah mulai PAS nih di muka.

*Formula 03
Pagi : 
Cuci muka pake Hada Labo
Toner/ clear lotion SK-II (seringnya sih lupa pake haha)
Lanjut mosturizer E*ha (ini juga sering lupa haha)
Sunblock Cetaphil
Bedak tabur Innisfree no mineral sebum

6

Cuss..

Malam :
Toner/ clear lotion SK -II
Serum / Facial Treatment Essence (FTE) SK – II

4

*Review SK-II, aku beli yang kemasan kecil. Tau kan kenapa. Pertama, lumayan mahal. Kedua, takut nyesek gitu kan udah mehong eh ga cocok. Ternyata gimana? Awalnya sempet kayak ada proses detoksifikasi sih alias ngeluarin racun gitu, sempet kayak keluar sedikit beruntusan di pipi dan jerawat kecil cuma ga berlangsung lama, maybe semingguan aja. Abis itu, muka jadi lebih kinclong dan haluss. Sekarang lagi nabung nih karena toner sama serum FTE-nya udah pada mau abis huhu dan COCOK ternyata. Huahaha. Eh tapi, si SK-II ini pernah tiga kali gue iseng peperin ke muka laki gue yang cenderung oily, dan muncul jerawat dong, terus gue dimarahin wuahaha. Kurang paham juga sih itu detox atau gimana, cuma mungkin kalo kulit kalian oily, cobanya harus lebih hati – hati hehe.

Nah, terus kalo muka lagi berasa kotor terutama komedo di idung muncul, seminggu sekali aku coba pake Apricot Scrub dari St. Ives. Itu enak banget gilaa. Muka berasa bersih bangeet, walaupun karena scrubnya agak kasar, kadang muka merah – merah sebentar (terlalu nafsu kakak gosoknya haha), tapi masih oke lah. No problem. Hasilnya: Muka rasa kulit bayi. Hihi. Mulusss deh langsung. Apalagi kalo ditambah pake pencetan komedo yang harganya murce beli di Tokopedia, aduh makin kinclong deh berasanya ini muka.

Terus kalo muka kayak lagi lelah atau kotor tapi baru banget pake scrub, aku biasanya pake Masker yang bisa di peel off alias dikupas alias dikletekin, whatever itulah, dari Freeman. Wagelaseh, itu enak banget, ada sensasi dingin bin adem di kulit. Apalagi pas dicabutin itu masker yang udah ngeringnya, duh berasa bersih sih sih muka kita. Must have and try banget deh pokoknya!

5

Kadang, pake masker water sleeping mask dari Laneige juga yang tubenya warna biru, beli yang kecil gitu, lupa ga ke foto, itu bagus juga deh, bangun – bangun muka jadi halus dan kenyel. Duh, surga.

Kalo eye sleeping masknya, entah deh, apa karena jarang dipake juga ya (yaa iyaaa gimana sih), jadinya ga ngefek dong hahaha.

Okay, sekian review skincare yang aku pakai sekarang ini. Kendala yang masih nemplok sampai hari ini ya si flek hitam aja nih sama komedo di idung sih yang masih harus dibersihin secara berkala gitu. Sisanya, secara tekstur kulit, no jerawat, beruntusan, kusem udah jauh banget lebih baik.

Rencana sih pingin banget beli produk SK-II yang bisa ngilangin flek gitu, Whitening Spot Specialist Concentrate, itu loh yang paketnya bisa dipake sebulanan isi 28 ampul gitu. Yang harganya sejutaan wuakaka. Cuma asli tiap liat harganya, selalu maju dan mundur – mundur cantik gitu haha.

Sebenernya aku termasuk yang telat banget gitu sih soal peduli sama perawatan muka, umur 26 alias pas udah nikah gitu deh baru sadar kalo itu penting. That’s why, buat kalian yang masih jauh lebih muda atau lebih peduli semoga ga sempet terjerembab juga hehe. Ayo kita rawat ini muka kita satu – satunya, karena cuma muka ini yang akan kita bawa sampe mati sis. Kecuali mau oplas yaa huehehe.

Inget juga nyinyiran hits yang berkembang luas di masyarakat.

“Muka tuh dirawat, bukan di edit!”
Wuahaha Kesel ya, atau paling engga, kita tutupin pake make up lah ya, seperti yang baru – baru ini aku pelajari (dan ternyata ngabisin uang juga ye) 😂

Cewek tuh bener – bener yah, modalnya harus kenceng cin. Huehehe.

Tungguin ya, selanjutnya aku akan bahas oleh-oleh cerita dari Beauty Class yang lalu aku ikutin hihi. Stay tune terus ya di blog aku, jangan lupa follow 🙂

Terima kasih udah baca sampe abis. Semoga berhasil meracuni yaa HAHAHA.

8

Berikut harga – harga skincare yang udah aku sebutin di atas ya:
Facial wash Erha 1 (for normal skin) Rp 90 rb – Beli di Erha Apothecary
Toner Pond’s 150 ml – Rp 30 rb – Indomaret
Mosturizer Erha 30 gr – Rp 100 rb – Erha Apotechary
Sunscreen Cetaphil 50 ml spf 50 Rp 250 rb – Watsons / Guardian / JD.id (aku dapetnya gratis haha)
Innisfree no mineral sebum (loose powder / bedak tabur) Rp 86 rb – JD.id
Erha C Serum 19 ml – 150 rb – Erha
Facial Wash Hada Labo 100gr Rp 38 rb – Giant / Watsons
Clear lotion sk-ii 30 ml Rp 80 rb – JD.id
Facial Treatment Essence SK-II 10 ml (ini kecil gila) Rp 75 rb – online shop
Apricot Scrub St. Ives 170gr (beli di Guardian Malay) Rp 65 rb
Mask Freeman Pomegranate 175 ml (beli di Guardian Malay) Rp 100 rb
Facial wash Cetaphil 250ml Rp 125rb – JD.id (aku dapetnya gratis juga. Haha
Laneige water sleeping mask 15ml Rp 50rb – Tokopedia
Laneige eye sleeping mask 5 ml Rp 40 rb

Itu harga kurang lebih atau kisaran ya sis, agak lupa beberapa harga pastinya hehe. Semoga membantu yaa 🙂

Btw, mengingat harga skincare ga murah, better kalau kita coba beli dulu yang ukuran kecil, dan beli satu per satu produk sekalian liat reaksinya ke kulit kita, apalagi buat kamu yang kulitnya super sensitif juga. Please, jangan impulsif! *ngomong ke diri sendiri Haha.

Kalau ada yang punya produk kecantikan andalan, boleh banget sharing yaa. I need it :)

Jangan lupa mampir untuk ikutan Giveaway aku (sd tgl. 22 Mei 2018 yaa) di sini
Disclaimer : Semua produk yang aku coba ini kemungkinan bersifat subjektif dan tergantung jenis kulit masing – masing orang. Kebetulan kulitku ini jenisnya yang super sensitif.
Selamat merawat muka sejak dini, karena muka ini aset sampai mati nanti – DesNat

27 comments

  1. Aku jg cocok pake SK II, klo freeman aku pernah coba sabun mukanya cocok jg, tp ngga jual disinikan ini produk jd ngga diterusin, aku pake sabun muka SK II saja

    Like

  2. FTE harganya emang luar biasa yah, tapi banyak yang bilang efeknya luar biasa juga. Cuma tetep ajaaa… pasti nangis kalo liat harganya :””D Katanya ada versi dupe Koreanya buat SKII FTE itu, brand Secret Key FTE. Harganya jauh lebih murah. Mbak udah pernah nyoba?

    oh iya, salam kenal ya mbak!

    Like

    • Halo Mbak Mega, salam kenal 😉
      Makasih sudah mampir.
      Wah, aku malah baru denger nih soal Secret Key itu hehe. Boleh nih kalo nemu produknya, pengen coba. Katanya sih di Indo sini ada dupenya juga, si V2H face and body serum. Lg nyari2 juga nih hehe. Makasih infonya Mbak 🙂

      Like

    • Halo Mbak, sebenernya aku penasaran banget sm aloe vera itu hehehe. Cuma aku masih agak ragu karena ada tmn yg malah jd kering mukanya. Ku pun takut jadinya hehe 😂 Mbak pernah coba kah?

      Like

  3. Aku juga dulu pasien erha tapi skrng beli yang di apotiknya aja jadi ngak perlu ke dokter. Ketergantungan pada obat dokter ngak baik untuk kesehatan kulit di jangka panjang, kecuali memang kulitnya bermasalah.

    Like

    • Halo Mbak, aku ganti2 kadang pakenya hehehe. Dan untuk st ives, sama, aku pun pakenya seminggu sekali. Coba aku edit, supaya ga salah paham. Hehe, betul itu, Kalo setiap hari, kulitku makin tipis nih kayanya hehe.

      Like

  4. Muka aku termasuk yang paling cepat merah, apalagi kalau aku gosok terlalu nafsu :).
    Itu ternyata indikator kulit wajah kita mulai menipis ya…?
    Baru tahu aku…

    Aku mulai pakai krim malam sejak 2007. Sudah mau 11 tahun.
    Tapi ya itu pakainya sudah telat, flek wajah sudah tebal saat itu.

    Malah sempat ikut chemical peeling yang super perih itu dulu.
    Memang sih muka jadi kinclong setelah terkelupas kayak zombie.
    Tapi sudah berhenti kog, gak pernah lagi ikutan chemical peeling, karena mehong, kwkwkw…

    Mulai hari ini aku mulai coba krim pagi dari Gizi super cream.
    Jadi belum bisa kasih review.
    Mau coba-coba puasa krim malam, juga.
    Will see, laaa…

    Masalah aku cuma satu sih, flek saja dan usia sudah ‘jelita’ *_~

    Like

    • Ya ampun Bun, aku malah baru umur segini udah banyak flek juga 😂😂 aku pun telat Bun.

      Penasaran juga nyoba chemical feeling tapi takut dan sayang uang Bun hehee. Makasih udah ya sharing yaa Bun 😙

      Like

  5. well pas lagi searching2 di google tentang skincare2 gitu eh ketemu blog nya mba kece ini hehehe
    makasi banyak mba jadi bisa tau lebih banyak tentang skincare dokter kulit dll, singkat cerita temen aku nyaranin ke erha sih tp aku masih takut soal nya bahaya nya krim dokter dll
    btw aku punya masalah sama kek kakak

    Like

    • wah makasih udah mampir yaa hehe 🙂
      nah, mungkin kita coba yg lebih organik / alami dulu kali ya. sk-ii juga oke dan kalo diitung2 karena sk-ii pemakaiannya lebih irit, bisa lebih murah daripada ke Er loh hehehe. good luck yaa

      Like

      • oh iya btw aku cowok loh kak skrg umur 24, hehe yg termasuk telat sadar bahwa penting nya ngerawat muka,
        kalo boleh cerita sebelum nya wajah ku normal aja cuma bermodal fw dari garnier+ scrub nuskin (gratis) + masker qiansoto
        tp semuar berubah setelah ada pelatihan wajib militer dari kantor, sekarang wajah dan leher hitam dan kusam
        ada rekomendasi gk kak perawatan drugstore apa gitu yg bisa dipakai, btw thank a lot di bales nya cepet banget ^^

        Like

      • Eh sorry2 haha.
        Sejujurnya aku ga berani kasih rekomen karena aku pun masih bergumul sama flek di muka hehe.
        Cuma kalo misal kusam aja, scrub seminggu sekali sama masker seminggu 1-2x udah cukup kok harusnya. Jangan lupa sunblock setiap hari! Hehe good luck.

        Like

  6. yups thx kak, ini aku mau coba pake nature republik yg lagi hits itu, kk udah pernah pakai blm ??
    iya ini kusam nya wajah dan leher berbeda dengan badan, bisa di bilang belang malah heheh

    Like

    • Aku punya si Nature Republic tapi baru pake seminggu jadi lotion ke tangan dan kaki haha. Soalnya masih takut kalo ke muka. So far, ke kulit tangan dan kaki oke sih padahal kulitku kering dan gampang alergi. Kalo kamu mau coba, mungkin bisa coba dulu ke leher sambil liat reaksinya. Baru mulai ke muka misalnya ke jidat dulu. Kalo cocok baru geser pelan2. Soalnya kalo ga cocok, sedih kan hehe

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s