Tips Traveling untuk Ibu Hamil

Haloo, I’m back setelah bertapa sekian lamanya.

Jadi ibu hamil itu ternyata bikin males menulis. Semoga dimaafkan ya hehe.

Kali ini mau share soal perjuangan traveling dalam rangka tugas kantor tgl. 11 – 13 November 2019 lalu ke Kinabalu. Buat yang bingung Kinabalu itu di mana, letaknya di Malaysia timur, nempel di pulau Kalimantan. Hehe. Penerbangan ke sana tidak ada yang langsung/direct, harus transit dulu. Kemarin ini, dari Jakarta ke Kuala Lumpur/KL dulu 2 jam, terus transit dulu 2 jam di KL, terus lanjut lagi dari KL ke Kota Kinabalu/KK itu sekitar 2,5 jam. Jauh? Lumayan. Cape? Lumayan. Tapi itung – itung babymoon buat mamanya yang merindukan traveling setelah sekian lama absen. Lebay. Hehe

Okay, singkat cerita, berikut tips triknya, sbb:

  1. Karena lagi hamil dan perut udah mulai eye-catching alias ngejendol, supaya aman, aku pun kontrol dulu ke dokter untuk mendapatkan surat ijin terbang yang ternyata berlaku maksimal H+7 dari waktu kontrol. Kalau lagi hamil, ga disaranin untuk check in online ya, better check in di counter supaya bisa info kalau kita lagi hamil, kasih surat dokter, isi form keterangan lagi hamil (yang nantinya kita kasih rangkapnya ke ground staff pas boarding sama cabin crew pas masuk pesawat supaya mereka notice kalau ada penumpang yang lagi hamil loh). Sebagai bonus, bumil bisa dikasih tempat duduk yang lebih nyaman, atau at least, dapet posisi di aisle, itu loh di pinggir supaya gampang kalau mau bolak – balik WC. Sebaiknya, jangan naik pesawat di atas 5 jam kecuali pake business class karena tentu kaki kita aman tentram damai. Hehe.
  2. Pakai baju + sendal/sepatu senyaman mungkin selama di pesawat. Andalanku sih : dress longgar atau celana hamil + baju longgar.
  3. Bawa cemilan yang banyak di tas, semacam Regal, roti gitu – gitu penting deh, jangan sampai kelaperan selama flight, kasihan dedek bayi *alasan.
  4. Bawa tumbler/botol minum, di airport kan sekarang banyak yang nyediain kran untuk refill air minum. Atau jangan pelit buat beli air selama di pesawat karena bumil perlu air yang cukup. Pengalaman kemarin pedih juga gara – gara ga bawa tumbler, jadi harus beli air mineral sebotol seharga 1 USD/ 14 ribu astaga haha. Pulangnya beli lagi di pesawat, eh dapet yang merk Evian, bayar pake rupiah itu Rp 25 ribu, waduh. Pedes juga di kantong HAHA.
  5. Supaya kaki ga bengkak, setiap 1 – 2 jam sekali bisa jalan – jalan kecil sekalian ke WC (itulah gunanya dapet tempat duduk di aisle jadi ga ganggu penumpang lain juga hehe).
  6. Kalau kebanyakan jalan dan berasa perut kram/sakit/cape, ISTIRAHAT, duduk, minum air putih yang banyak. Yang lalu itu, aku sempet ngerasain dan panik hehe, soalnya seharian abis market visit, sorenya window shopping ke mall to mall eh kecapean HAHA.
  7. Masih nyambung sama poin 6, jangan lupa minum obat penguat kandungan selama traveling (sehari 1x), eg. Merk Duphaston.
  8. Bawa vitamin dan obat – obatan rutin yang diresepin sama dokter kandungan kita.
  9. Sebisa mungkin bawa temen yang strong, yang bisa bantu angkatin koper kita ke kabin atau ke atas counter check in itu (apa sih namanya, mendadak lupa haha).
  10. Pakai tas gendong yang nyaman, dibanding tas ketek, karena jadi pegel sebelah kalau lupa ganti sisi haha.
  11. Tambahan : jangan lupa bawa/pake koyo (emak – emak banget sih haha), bawa cardigan/selendang supaya ga kedinginan kalau suhu di pesawat kurang bersahabat, bisa tambah masker buat nutupin muka juga (ini penting nih bener), dan bawa bantal leher yang bisa dipakai untuk leher atau punggung maupun perut (bener juga, kemarin itu sempet pegel pas pulang hehe).
  12. Yang terakhir, jangan lupa BAHAGIA!

Sekian. Happy traveling, bumil!

Buat aku pribadi, kayanya akan cuti liburan dulu deh sampai anak lahir dan berumur 1 tahun.

Doakan semoga kuat ya, gengs. HEHE.

2 comments

  1. Ya ampun, semoga sehat-sehat ya Bumil. Aku benar-benar merasa WAW sama buibu yang lagi hamil tapi nggak membatasi ruang geraknya terutama untuk traveling. Soalnya, waktu aku hamil, rasanya mager banget nggak pengen ngapa-ngapain. Patut dicontoh untuk kehamilan selanjutnya nih

    Like

    • makasih mbak udah mampir.. sehat2 juga untuk mba sekeluarga yaaa 😊 soal traveling, sempet deg2an juga sebenernya Mbak 😂 etapi pas kemarin ini kontrol lagi, posisi kepala bayi malah jadi ke bawah setelah pulang dinas itu, tadinya sungsang hehe. mungkin banyak jalan malah bagus hehe

      Like

Leave a comment