Tips dan Trik dalam Menentukan Venue & Vendor Pernikahan

Berhubung lagi mempersiapkan pernikahan, lemme share sedikit tentang tips dan trik dalam menentukan venue dan vendor untuk acara yang akan dikenang seumur hidup ini.

dscf6620

  1. Venue

Venue adalah hal terpenting di dalam sebuah pernikahan. Tempat/gedung yang digunakan haruslah sesuai dengan perkiraan jumlah tamu yang akan datang, disertai dengan fasilitas dan lahan parkir yang memadai. Venue biasanya akan berbanding lurus dengan harga catering dan dekorasi. Mengingat banyak sekali pasangan yang ingin menikah, venue adalah hal pertama yang harus dibayarkan DP-nya untuk mengikat tanggal pernikahan. Satu tahun sebelum adalah waktu yang cukup ideal untuk melakukan booking venue. Jangan lupa memastikan bahwa Air Conditioner (AC) di tempat tersebut dapat bekerja dengan baik, terutama bila Anda melangsungkan pernikahan di siang hari.

  1. Wedding Organizer

WO berguna bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pernikahan mereka, terutama bagi pasangan yang sama-sama sibuk bekerja. Tugas WO adalah membantu memberikan referensi vendor, melakukan deal dengan vendor yang disetujui oleh kliennya, mengadakan technical meeting dengan semua vendor dan mengurus segala macam keperluan acara, termasuk di dalamnya penyusunan rundown acara. Carilah WO professional yang mampu mengakomodir segala kebutuhan kita dan mau menerima masukan demi berlangsungnya acara pernikahan yang rapi dan berkesan seumur hidup.

Wedding Organizer biasanya menawarkan paket sbb:

  1. Paket komplit dari persiapan hingga hari – H
  2. Paket hari – H saja (termasuk rundown acara)
  1. Dekorasi

Dalam menentukan vendor untuk dekorasi, pemilihan tempat/venue akan sangat berpengaruh. Harga dekorasi dipengaruhi oleh jenis dan luas gedung yang akan digunakan. Besarnya biaya charge dari pihak pengelola gedung juga akan menjadi pertimbangan oleh pihak dekor. Carilah beberapa referensi vendor dan bandingkan apa saja yang ditawarkan.

Berikut perintilan yang menyangkut dekorasi:

  1. Area Pelaminan

Dekorasi Pelaminan

Standing Flower

Mini Garden

  1. Area Panggung Musik

Dekorasi Panggung

  1. Area Red Carpet

Standing Flower / Lampu

Gazebo / Wedding Gate

  1. Area Reception

Dekorasi Penerima Tamu

Meja Penerima Tamu

Galeri Foto

Kotak Angpao

Enterance Gate

Janur

  1. Handbouquet
  2. Pagar VIP
  1. Catering

Selain venue, catering adalah unsur terpenting di dalam sebuah pernikahan. Tamu yang datang akan terus mengingat rasa dari berbagai makanan yang Anda sajikan. So, make it count! Datanglah ke berbagai pameran pernikahan dan lakukan test food bersama pasangan. Pastikan juga konsep pernikahan Anda, apakah berupa standing party atau sitting down party. Hal lain yang harus diperhatikan adalah porsi. Jangan sampai tamu Anda kehabisan makanan, lebih baik berlebihan daripada kekurangan. Ada perhitungan khusus untuk porsi makanan tengah, yaitu 75% dari jumlah tamu yang hadir, sisanya dapat disubstitusi dengan makanan pada gubukan/food stall. Pastikan bahwa tersedia makanan yang terpisah untuk keluarga pengantin. Jangan lupa melakukan test food bersama keluarga besar demi masukan yang bersifat universal.

  1. Wedding Cake

Terbagi atas 2 jenis:

  1. Dummy cake (kue imitasi yang tidak dapat dimakan)
  2. Cake asli (kue dapat dipotong dan dimakan)

Saat ini, wedding cake memiliki banyak sekali jenis kue, mulai dari lapis Surabaya hingga susunan cupcake yang menarik.

  1. Wedding Ring

Cincin kawin sebaiknya dipesan minimal 5 bulan sebelumnya agar calon pengantin dapat memastikan bahwa cincin tersebut sudah sesuai penulisan namanya dan sesuai dengan keinginan capeng.

  1. Entertainment

Biasanya merupakan iringan music yang dapat disesuaikan dengan selera pasangan atau keluarga mempelai. Capeng dapat menentukan jenis music, list lagu, hingga menentukan anggota tim yang akan mengisi di pernikahan Anda.

  1. MC

MC (Master of Ceremony) merupakan pemandu acara yang harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan mampu menarik perhatian para tamu yang datang sehingga para undangan dapat turut menikmati keseluruhan acara yang disajikan.

  1. Bridal

Bridal akan membantu para capeng dalam menentukan design dan pakaian yang akan dikenakan baik dalam akad/pemberkatan pernikahan maupun resepsi. Selain itu, pihak bridal biasanya juga menyediakan berbagai aksesoris dan pakaian yang diperlukan, termasuk untuk pihak keluarga. Bridal biasanya juga menyediakan jasa fotografi, bunga tangan pengantin dan menyewakan mobil pengantin.

  1. Fotografi

Meliputi foto & video pre-wedding, foto & video liputan hari H, dan same day edit video (video akad/pemberkatan yang langsung ditayangkan pada saat resepsi di hari yang sama).

  1. Undangan & Souvenir

Souvenir sebaiknya diberikan setelah acara berlangsung sehingga para tamu tidak kesulitan dalam memegangnya terutama ketika sedang menikmati hidangan yang disajikan. Pemilihan warna undangan & souvenir dapat disesuaikan dengan tema pernikahan. Souvenir sebaiknya merupakan item yang dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama setelahnya (berdaya guna).

Baca Juga

Premarital Check Up Prodia

Syarat Wajib Nikah : Suntik Tetanus

Menghitung Biaya Pernikahan

Wedding Vendor Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s