Syarat Wajib Nikah > Vaksin Tetanus

Akhirnya bisa suntik tetanus juga ya Tuhan. Perjuangannya itu engga santai, padahal proses suntiknya kurang dari 5 menit. HAHA.

Awalnya, aku telpon ke Rumah Sakit dekat kantor, dan yang angkat telpon bilang, “Wah, Mbak. Belom bisa. Kan sekarang lagi marak ya vaksin-vaksin palsu. Vaksin kita aja lagi ditarik-tarikin sama Depkes.”

What. Jangan-jangan mereka terindikasi vaksin palsu kali yak. Langsung aku tutup telponnya. HAHA.

Setelahnya aku coba menghubungi RSIA Hermina deket rumah, mereka bilang untuk buat surat keterangan yang diperluin sama capil / KUA nya itu mereka belom bisa ngeluarin dan dia suggest untuk pergi ke Puskesmas. Baiklah.

Akhirnya aku pun mampir ke Puskesmas, sampai TKP jam 07.30, aku lihatlah itu bidan-bidan yang pada kesiangan terus bilang, “Saya apel dulu ya Mbak.”

“Oh, oke Bu,” jawabku (sambil senyum masih manis nih)

Jam 08.40, bidan yang ga jelas dari tadi ngapain itupun keluar dari ruangannya dan bersabda,

“Oke, mau apa ya Mbak?”

“Mau suntik tetanus Bu, yang perlu untuk kelengkapan nikah.”

“Oh, udah sarapan?”

“Belum sih.”

“Wah, harus sarapan dulu, Mba”

KENAPA GA NGEMENG DARI TADI SIH. aku emosi udah nunggu lama haha.

“Oiya Mba, calon suaminya mana? Harus diajak juga, supaya bisa sama-sama screening HIV. Nanti kan rugi kita sebagai cewek, kalo misal kita udah bebas HIV, ternyata amit-amit nih ya, pasangan kita kena HIV dsb dsb dsb (udah ga gue dengerin soalnya kesel). Oh iya Mbak, maaf ya baru bisa manggil soalnya statusnya baru masuk,” kata bidannya (yang super ngeselin dan ga professional itu).

Udah nunggu sejeman lebih, nahan mules, dll for NOTHING.

Tapi usut punya usut, kayanya emang cuma itu Puskesmas deket rumah aku aja deh yang kurang bagus pelayanannya. Temen aku ada juga yang suntik tetanus di Puskes lain, langsung bisa tuh tanpa babibu dan tanpa harus bawa calon suaminya, asik banget, cuma 13 rebu katanya.

Lanjut telpon RS Azra Bogor yang katanya bisa suntik tetanus.

Sambil bergema gitu kali ya suaraku di WC, mbaknya bilang suntik tetanus cuma Rp 15 rebu.

Woh, murah amat dah. Langsung deh aku sarapan (biar ga ditolak lagi sebelum vaksin), pesen gojek dan eng ing eng, sampe deh di RS Azra.

TANPA nunggu yang ga jelas, tanpa harus nyeker kayak di Puskesmas, aku pun langsung disuruh ke ruangan bidan dan cuss disuntik, dikasih surat keterangan. Yeay! SE-LE-SAI. Mission Accomplished!

OIYA, biaya suntik di RS Azra ini totalnya jadi 96 ribu, dengan rincian 15ribu itu baru vaksinnya, sisanya jasa bidan 41 sama biaya admin 30. Wuakaakkakaka aku pikir 15 ribu tuh buat semuanya. Dodol.

Ternyata idealnya vaksin tetanus itu 1 bulan sebelum menikah, tapi kan capil ga bisa ya semepet itu. Riskan.

Terus ternyata lagi vaksin tetanus ini harus 5x dong supaya dapet hasil yang maksimal.

Padahal ya, sekali suntik aje nyut-nyutannya katanyee bisa 3 hari. Ini aja aku dari tadi pagi suntik masih berasa sampe sekarang. Makasih loh HAHA. O iya karena bekasnya ngilu, lebih baik disuntiknya di tangan kiri ya, jadi ga terlalu ganggu aktifitas sehari-hari kita, kecuali kamu kidal.

Jadi suntik tetanus alias suntik TT yang kedua harusnya 1 bulan setelah suntik yang pertama.

Suntik TT – III itu 6 bulan selanjutnya.

Suntik TT – IV itu 1 tahun selanjutnya, dan..

Suntik TT – V itu 1 tahun selanjutnya.

Daaan.. nantinya kalo udah hamil, pas kehamilan bulan ke 4 atau 5 harus suntik lagi dong.

Asli ya, aku kayanya males deh >.<

Fungsi suntik tetanus tuh katanya sih terutama nanti kalo nanti hamil itu buat ngehindarin adanya infeksi-infeksi yang mungkin ngaruh ke bayi. Ada juga sih blog absurd tapi bener yang bilang jaga-jaga karena pas malem pertama bisa jadi ada luka dan beresiko kena infeksi. Wuakaka. Kalo suntik pas hamil gede bertujuan untuk menjaga supaya kalo misal nih ya, peralatan yang dipake dokter pas ngelahirin kurang steril, bisa mencegah infeksi gitu.

Yak, sekian, gue simpulkan, mau nikah itu ga mudah ya. Mulai dari premarital check up, include di dalemnya tes TORCH, yang ga murah ditambah suntik tetanus yang perjuangannnya menyiksa kalbu.

Thank God  kalo akhirnya bisa ngelewatin sedikit demi sedikit tahapnya.

Dear marriage life, I think I’m (almost) READY!

dscf6434

Jangan lupa mampir untuk ikutan Giveaway aku (sd tgl. 22 Mei 2018 yaa) di sini

Baca Juga :

Premarital Check Up Prodia

Menghitung Biaya Pernikahan

Wedding Vendor Review

Semoga bermanfaat.

Feel free to discuss 🙂

 

6 comments

    • Halo Fit,

      Berikut aku ambil dari info Prodia ya:

      Pemeriksaan darah TORCH biasanya disebut sebagai Panel TORCH yang mencakup pemeriksaan antibodi IgG dan IgM terhadap parasit atau virus TORCH, yaitu:

      Anti-Toxoplasma IgG dan IgM.
      Anti-Rubella IgG dan IgM.
      Anti-CMV IgG dan IgM.
      Anti-HSV2 IgG dan IgM.

      Harganya kalo di Prodia sekitar 2,6 juta ya.
      Untuk detailnya aku kurang tau ya kalo sekarang, mgkn bisa ditanya langsung ke Prodianya 🙂

      Semoga membantu..

      Like

  1. Ci aku mau tanya kalo pas kita bocah dulu udah suntik tetanus apa masih harus juga ya? Aku kmrn baru suntik HPV aja udah puyeng 😂 ga kuat kayanya vaksin beronde2

    Like

    • Haloo,

      Wah, kalo buat nikah syarat di capil/ KUA sama2 harus ada surat udah suntik tetanus Fan haha. Paling yaa, kamu bisa nih iseng ke bidan dll untuk minta suratnya aja tanpa suntik, temen aku ada yg gitu juga.
      #ngajarin yg ga bener hahahaha ✌

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s