Perlengkapan Bayi Baru Lahir (0-3 bulan)

Disclaimer : Harga yang tertera adalah harga kisaran, bisa jadi lebih murah atau lebih mahal realnya, tergantung belinya di mana. hehe.

Ga usah lama – lama, berikut rekomendasi merk perlengkapan bayi ala mamak Dessy.

1. Pompa ASI

Sebisa mungkin beli yang elektrik, jangan yang manual, karena bikin pegel. Aku rekomen merk Spectra 9+, tipe ini dapet pompa manualnya juga, jadi kalau pas habis baterai atau mati lampu aman deh bisa tetep mompa, harga 1.7 juta. Tipe ini biasa dipakai oleh working mom.

Spectra-9-Breast-Pump
Sumber : asibayi.com

2. Botol & dot newborn

Botol yang banyak dipakai ibu2 saat ini adalah merk Pigeon tipe wide neck peristaltic plus harga sekitar 50 ribuan per botol. Selain itu, aku punya juga botol merk dr. Browns tipe Options, beli  di Shopee paket 2 botol harganya 336 ribu, tapi entah kenapa kalau malem anakku ga suka pakai itu, alhasil susunya sisa banyak terus, jadi ga recommended karena sering beleberan juga ke baju. Terus katanya anti colic kan, kirain jadi ga perlu sendawain, ternyata tetep harus haha. Rekomendasi lain : Philips Avent yang natural, klo mau lebih mahal lagi bisa beli Comotomo atau Hegen. Tapi ya balik lagi ke anaknya. Saranku sih pakai 1 merk aja dari awal, supaya anak ga bingung. Enaknya sih coba yang Pigeon dulu karena murce hehe.

Kekurangan Pigeon : kalau kita pakai sterilizer merk Upang gampang berubah warna jadi kuning botolnya, jadi sebagai rekomendasi lain bisa beli Pigeon yang botol kaca, harga sekitar 150 ribu/pcs. Buatku pribadi karena ga nyusuin langsung plus sambil kerja, minimal punya 5 botol deh supaya aman. Sekarang sih aku punya 7, jadi cuma perlu nyuci dan sterilin pagi sama malam aja. Yang dr.browns tetap dipakai tapi bener – bener sebagai alternatif terakhir kalau yang Pigeon habis, dan aku hindarin banget pakai itu di malam hari hehe. Kenapa dipakai terus? harganya lumayan euy AHAHA *emak2 ga mau rugi.

3. Sterilizer

Untuk dot, botol, pompa asi, aku rekomen merk UV sterilizer : Upang, harga 3 jutaan.
Aku rekomen karena pemakaiannya yang praktis dan bisa buat sterilin mainan, sikat gigi, remote tv, bahkan handphone sekalipun, tanpa merusak (bisa liat reviewnya di Youtube ya).

Ditambah pas awal – awal aku ngurus bayi itu kan tanpa pengasuh, Upang ini ngebantu banget, karena setelah dicuci, peralatan bayi semacem botol dan dot cuma perlu dikibas – kibas aja sisa airnya, ga perlu dilap dulu, terus langsung masuk ke Upang, pencet tombolnya dan voila langsung kering plus steril (sekitar 40 menit prosesnya). Praktis. kekurangannya cuma 1 : lumayan mahal. tapi semua yang punya Upang bersyukur dan ga nyesel beli kok, so, worth every penny.

upang-uv-waterless-sterilizer-yellow-up-03_2-800x800
Sumber : babyzania.com

Oh satu lagi, waktu awal anakku lahir itu punya 5 botol (merk Pigeon), jadi pas dimasukkin ke Upang beserta pompa ASI masih lumayan muat tuh, begitu nambah 2 botol dr.browns yang gendut – gendut itu jadi ga muat, harus 2x sterilin. So, kalau kalian berencana beli botol banyak, jangan lupa pikirin space buat sterilin pompa asi, apalagi kalau kalian pakai dual pump sekaligus (aku sih single pump), better beli Upang plus yang lebih gede, walau harganya lebih mahal sih, di 4 jutaan.

Kalau mau yang lebih terjangkau, ada sterilizer merk Panasonic, dia daya tampungnya lebih besar dan muat lebih banyak item, tapi ga UV. Bisa googling ya bedanya, harga sekitar 800 ribuan. Ini foto aslinya gede ya.

Review-Panasonic-Hero.original.jpegquality-90
Sumber : Orami

4. Sabun cuci botol

Aku pakai Sleek, ga ada masalah so far.

5. Sabun cuci baju

Nah ini, kadang aku pakai Rinso matic buat mesin cuci bukaan depan, alias aku samain sama baju aku. Gara – gara pakai Sleek baby ke mesin cuci dalam berbagai takaran eh tetep aja busanya way too much, banyak banget sampe keluar2 mesin cuci, sebel. haha. Ada rekomendasikah deterjen bayi untuk mesin cuci buibuk? Atau kadang tetep pakai Sleek tapi minta tolong bibi rendem dan kucekkin (manual), jadi ga pakai mesin cuci.

6. Sabun mandi baby 2 in 1

2 in 1 alias sampo sekaligus sabun, aku sih pakai Sleek atau Cetaphil gentle wash & shampoo. Sleek wanginya enak dan lebih murah dari Cetaphil, bentuknya foam gitu/busa. O iya Cetaphil buat bayi itu ternyata berbusa lho, ga kayak Cetaphil gentle skin cleanser yang buat dewasa itu. Rekomendasi yang lebih murah lagi dan bagus ada merk Mommy Time. Aku pernah pakai dan OK sih, waktu itu nyoba karena dikasih sama temen sepaket komplit.

Selain Cetaphil, bisa coba merk Pigeon yang hypoallergenic (anti iritasi) untuk kulit sensitif. Mau lebih mahal? Pilih Sebamed hihi.

7. Sikat buat cuci botol

Sikat botol bayi beli yang merk Mizo 20 ribuan, bentuknya sponge gitu, yang kecilnya untuk dot. Sebelumnya aku beli yang model sikat gitu malah kurang bagus ke botol karena malah bikin jadi ada garis2nya terus bikin merk botolnya agak hilang pas kegosok. Si bibi nyucinya sepenuh tenaga kayaknya haha.

nHBfsgABOAAAABoAO7lRFAAAoCE

8. Baju newborn

Rekomen banget merk Libby atau Velvet Junior, sudah oke secara kualitas bahan, harga juga terjangkau, karena bayi kan cepet banget gedenya jadi sayang aja kalau beli yang terlalu pricy *mamak ngirit. Tapi kalau mau yang lebih premium bisa beli merk Little Palmerhaus, tapi jujur aku nyesel beli Little Palmerhaus yang ukuran Newborn karena kecilnya ga kira2 sementara anakku lahir udah 3.75 kg kan, langsung ga muat dongs, jadi asli ga rekomen deh beli yang ukuran newborn.

Terus emang ukuran si Little Palmerhaus ini lebih kecil dibandingkan sama merk Libby. Jadi sebagai perbandingan, ukuran jumpsuit merk Libby yang 0-3 bulan itu sama kayak size 6 months di Little Palmerhaus, agak tricky, even bahannya bagus banget dan modelnya lucu. Aku beli bedong instan juga bernasib sama, kecil, kasian anakku kesempitan padahal lucu. Jadi aku kasih orang huhu.

Yang wajib dimiliki, @6 pcs atau selusin:

– baju lengan pendek
– baju lengan panjang
– celana pendek/pop
– celana panjang

– kain bedong
– baju pergi untuk vaksin, ngemall, foto dll
– sarung kaki dan tangan
– topi dan selimut topi @2 udah cukup
– jaket/sweater cukup 1
– kaos kutang *aku sih ga pakai
– celemek/bib/slabber buat nahan gumoh atau iler

Semua item tersebut dimiliki oleh brand Libby dan Velvet Junior. Sebagian besar juga dimiliki oleh Little Palmerhaus. Sementara baju panjang sama celana panjang bisa diganti sleepsuit yang langsung kayak terusan sekaligus tutup kaki dan bisa jadi tutup tangan jadi ga perlu sarung tangan dan kaki lagi terutama buat malem (ini aku pakai yang merk Libby, motifnya lucu2 banget).

libby-pemium-sleepsuit-kancing-3-pcs-pack-girl-12-18-month

9. Popok/diapers newborn

Merk Nepia Genki atau Mamypoko Royal Soft. Note : jangan beli atau nyetok sekali banyak soalnya baby cepet gede & cepet naik size dari Newborn ke S.

Aku pribadi rekomen pakai Nepia Genki untuk newborn, setelah agak gede (2 bulanan) bisa mulai pakai Mamypoko royal soft yang pants karena lembut dan lebih praktis. Yang terlebih penting, lebih murah HAHA. Tapi anakku awal2 lahir dari RS Azra Bogor dikasih popok Mamypoko Royal soft yang tape juga ga masalah sih, ga ruam sama sekali.

Baik Nepia Genki maupun Mamypoko Royal Soft udah ada indikator penuhnya ya, berubah warna dari kuning ke biru kalau udah keisi.
Harganya macem2 sesuai isinya, cara bandinginnya itung harga per pcsnya. Nepia lebih mahal dari Mamypoko, mau lebih mahal lagi? beli merk Pampers.

Rekomendasi yang lebih murah? ada Sweety Gold yang premium juga kualitasnya.

Sebagai gambaran ganti tiap 4 jam sekali, popok anakku pakai Nepia Genki kadang dicombine sama Mamypoko royal soft pants itu sebulan habis sekitar Rp 500 ribuan deh. Lumayan juga hehe.

10. Perlak

Aku rekomen merk Babybee harga sekitar 125 ribu karena bagian atasnya lembut.
Aku sendiri punya 2 perlak merk Little Palmerhaus, cuma karena bahannya karet jadi panas di badan bayi, jadi cuma kepakai buat ganti popok, so please jangan dipakai tidur, kasihan gerah di badan anak. Perlak LP harga sekitar 70 ribuan.

Perlak gede yang bahannya karet dingin (tau kan) wajib punya buat alas habis mandi dan kalau baby pup. Aku sih cuma punya 1 dan cukup ya.

11. Selimut

Apa aja deh ini. Aku pakai yang Little Palmerhaus dan OK. Hindari selimut yang berbulu karena bayi suka ngemut apapun.

13. Nursing cover/ apron

Kain penutup saat menyusui di umum, kalau mau yang premium ada merk Mooimom harga 300 ribuan. Mahal banget cuma buat sehelai kain haha. Aku pun ga beli lol. Aku rekomennya beli nursing cover di Shopee toko Malikids harga sekitar 100 ribuan dan OK, sesuai fungsilah ya, bisa menutupi dan tetap bisa bebas bergerak.

14. Gunting kuku

Aku pakai merk Pigeon yang isi gunting sama model gunting kuku biasa. Untuk newborn better pakai yang model gunting supaya lebih aman. Mau lebih mahal dan canggih? Ada merk Oonew harga 250 ribuan. Modelnya kayak buat manicure hihi.

15. Tisu basah baby

Yang OK ada merk Paseo Baby/Momami/Neppi.
Yang aku pakai Paseo baby, Neppi pernah cobain tapi baunya ga enak. Momami sih terbaik karena water based tapi mehong sedangkan bayi tuh butuh pakai tisu basahnya banyak. hehe

16. Tisu kering baby

Paseo baby, karena boros kadang aku pakai merk Nice aja yang biasa, gapapa sih aman juga. Yang baby teksturnya emang lebih lembut dan tebal, bagus dipakai buat ganti popok.

17. Diaper/barrier cream

Ini tuh krim untuk nyembuhin ruam bayi, biasanya karena kelamaan ga diganti popoknya atau karena ga cocok sama merk pampersnya. Merk rekomen yang banyak orang pakai: Sebamed, tapi aku sendiri pakai Physiogel lotion buat ruam – ruam di lipetan anakku, kebetulan sejauh ini anakku jaraang banget ruam sih, kuncinya rutin ganti popok maksimal 4-5 jam sekali aja. Kalau awal – awal newborn itu direkomen per 3 jam sekali gantinya. Aku punya diapers cream merk mustela cuma ga rekomen karena ninggalin noda putih agak lengket gitu di kulit bayi.

18. Cotton bud baby

Merk Huki.

19. Termometer digital

Merk Omron, cuma sekitar 50 ribuan atau pilihan merk lain juga banyak. Sepulang dari RS aku malah dikasih 2 termometer gratis.

20. Kain kassa

Buat bersihin mulut dan lidah baby karena konon kalau putih – putih bekas susu dibiarin di lidah bayi bisa tumbuh jamur yang bikin bayi ga nafsu minum susu. Caranya, kain kasanya dililit ke jari telunjuk, dicelupin ke air hangat dan lap deh dalem mulut baby terutama lidahnya sehari minimal 1 kali, bisa merk apa aja, cari : kassa steril.

21. Kantong ASI

So far, merk Gabag paling OK buatku. Pernah coba yang merk Mooimom sama Allegra tapi tetep lebih suka Gabag. Ini cocok – cocokan sih ya.

22. Gendongan

Nah kalau newborn katanya sih sampe sebulan pertama itu better digendong aja di tangan, derita kita deh kalau bayi gede macem anakku, pegel ahaha. Gedean dikit bisa pakai Geos, yang murah tapi oke merk Bians. Tapi sampai hari ini, anakku umur 3 bulan, aku ga bisa pakainya hahaha.

Dan harus punya juga gendongan kain yang jadul itu, biasa disebut cukin, jarik or whatever you name it, kenapa harus punya? karena biasanya orang tua, pengasuh kita, dll mungkin masih terbiasa pakai itu.

23. Bak mandi bayi

Aku pakai merk Baby Safe yang ada tambahan tempat duduk buat newborn, sungguh menyelamatkan karena bayi tinggal ditaruh aja, tanpa perlu kita pegangin, sambil kita bisa fokus sabunin, harga 250 ribu beli di Tiara baby shop atau kalau kamar mandi kalian terbatas luasnya bisa beli merk Karibu folding bath tub, mayan sih 400 – 500 ribuan harganya, dia bisa dilipet – lipet gitu. Praktis.

28234215_B

24. Washlap

Merk Little Palmerhaus OK.

25. Handuk

Rekomen merk Little Palmerhaus juga.

26. Kapas bulat

Untuk lap pantat dan kemaluan bekas pup dan pipis, merk Medisoft yang paling banyak orang pakai, murah sih sebungkus itu cuma sekitar 8 – 10 ribuan.

27. Tas bayi (diaper bag)

Aku sih beli yang lucu aja motifnya dan aman semacam Mickey Mouse supaya bapaknya bisa bawa. Sementara yang orang sering pakai adalah merk Dialogue.

28. Termos

Buat kalian yang pakai sufor, aku pun pakai karena ASI-ku baru bisa supply 1/2 dari total kebutuhan minum anakku, aku merekomendasikan Philips Avent Thermal Bottle Warmer buat jadi termos andalan kalian, bisa dipakai untuk menyimpan air panas dan menghangatkan ASIP sekaligus, praktis dan bentuknya bagus *loh. Kekurangannya, dia cuma bisa nampung air ga terlalu banyak, cocok untuk dibawa pergi2 sih. Kalau di rumah aku pakai termos yang gede hehe. Harganya 300 ribuan.

29. Bottle warmer

Penting sih untuk menghangatkan stok ASIP. Rekomen merk Bear atau Baby Safe. Harga sekitar 200 – 300 ribuan. Aku sih dapet dari kado hihi. Puji Tuhan.

Optional

Stroller, aku pakai merk Babydoes atau banyak orang pakai merk Pockit ketika anak sudah gedean, dan sekarang ini banyak orang suka pakai stroller yang gampang dilipet itu loh, ada merk Violi atau Hamilton (4 jutaan).

Car seat, belom beli, jadi belom bisa kasih rekomendasi, sorry hehe.

Baby box pakai merk Babydoes, oke sih so far, murah juga sekitar 1,5 jutaan (belum termasuk matras) dan gampang dipindah – pindahin. Cuma kalau suka yang model kayu dan unyu – unyu gitu banyaknya orang pakai merk Little Equi (Instagram : @little.equi)

– Bantal anti peang, ini tentatif, better tanpa bantal atau pakai handuk lembut supaya ngikutin bentuk kepala. Soalnya kata dokter, sebenernya bantal peang itu malahan membatasi gerak bayi karena bikin baby susah nengok ke kanan kiri, tapi untuk merk aku rekomen Mooimom (300 ribu) yang anakku pakai dari kado hihi, atau Babybee sekitar 250ribuan. atau yang lebih mehong tuh ada  merk Mimos (1,7 juta cuy bantal doang) haha.

70577053_855315371530565_8288298963439000773_n
Hair lotion, baby cologne, katanya ga perlu karena kalau ga cocok bisa bikin bayi alergi, begitupun bedak yang sudah dilarang karena terbukti berbahaya bagi pernafasan bayi. Sama halnya dengan gurita yang juga sudah dilarang secara medis.

Minyak telon juga untuk newborn sebenernya ga terlalu disaranin karena takutnya malah bikin panas ke kulit, aku pakenya telon cream merk Mommy Time, murah dan lebih nyaman karena tidak terlalu panas.

Bantal menyusui, bantu banget supaya ga pegel pas mangku baby di mobil, merk Kuma – kuma harga 250 ribuan. Tapi pas Casey umur 2 bulanan, itu bantal mulai ga kepake karena dia way too big, kalau ada yang mau, aku jual yaa. harga nego hehe.

Cooler bag buat ibu yang kerja dan kasih ASI, perlu banget nih, banyak sih pilihan brandnya. Merk Gabag yang banyak dipake ibu2 kantoran. Aku sih pakai Allegra karena waktu baby fair nemu boothnya haha, harga kisaran 400 ribuan. Nah untuk ukuran, bisa disesuaikan kebutuhan, karena ada yang kecil dan yang besar. Aku beli yang gede, awalnya kirain kegedean, tapi ternyata cukup karena bawaan mengASIhi tuh banyak ternyata yaa.

Kelambu, kata dokter ga perlu, anak malah jadi ga nyaman dan kebetulan rumahku jarang ada nyamuk karena ga ada tanaman sedikitpun.

Milestone card yang berisi nama, usia berapa bulan, Hello world dll pesen aja di Shopee, banyak pilihannya. Aku pesan di scorpio.couple.

Bedding set, aku akhirnya ga pake karena dibeliin nyokap baby box, sini mau ku jual deh punya anakku daripada menuh-menuhin kamarnya. Aku punya merk Kuma – kuma harga beli sekitar Rp 450 ribu.

Pacifier alias empeng, walaupun pro dan kontra tapi aku punya merk dr.browns dan Tommee Tippee harga sekitar 50 ribuan.

Oh, buat yang mau melahirkan dan penasaran kado apa yang banyak dikasih orang. Ini nih:

  1. Baju ukuran 6 bulan ke atas, banyaknya untuk usia 9 dan 12 bulan.
  2. Baju pergi yang lucu – lucu
  3. Kaos kaki lucu – lucu
  4. Bouncer, anakku sampai dapat 4 dan belum ada yang dipakai sama sekali karena suamiku males ngerakitnya huh.
  5. Piano playmat merk Sugar Baby, mainan anak yang lucu itu, Casey dapat 2
  6. Perlengkapan makan bayi (6 bulan ke atas) : mulai dari piringnya, sendoknya, gelasnya (1 set) itu banyak banget, dapet sekitar 4 set. Bahkan baby chair yang untuk makan itu / booster seat juga dapet 2, ditambah ada slow cooker. Terima kasih lho, sungguh persiapan MPASI 6 bulan udah ga perlu beli apa – apa lagi. Puji Tuhan rejekinya Casey.
  7. Bantal – bantalan, mulai dari bantal menyusui, bantal anti gumoh yang miring 90 derajat merk Doogle juga ada yang kadoin, ini recommended juga, harga sekitar 450 ribu.
  8. Bottle warmer dapet 2. Pas banget emang belom beli, puji Tuhan hehe.
  9. Gendongan juga dapet 4 jenis, dari model Geos, cukin/jarik sampai Hipseat komplit.
  10. Baby soft book, ini juga Casey dapet beberapa, bagus deh kayanya bakalan lebih awet dibanding buku yang gampang sobek hehe.
  11. Teether juga ada yang kasih.
  12. Boneka – boneka unyu.

*Note : Mungkin akan berbeda – beda, tapi khusus untuk baju sebaiknya ga usah beli banyak – banyak, begitu juga untuk bouncer dan perlengkapan makan bayi better ga usah beli dulu hehe.

Sekian rekomendasi merk perlengkapan bayi usia 0-3 bulan.

Yang lebih mahal? Banyaak~

Disesuaikan aja ya sama kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Semoga bermanfaat ya 🙂

Next, aku akan bahas perlengkapan Ibu dan barang – barang yang perlu dibawa ke RS juga tips untuk menghindari baby blues.

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s