Nyobain Diving di Aquarium Seaworld Ancol

24 Maret 2018 lalu, gue berkesempatan untuk nyobain Fun Dive di Ancol GRATIS.

Kok bisa? Ini dia jawabannya.

2018-03-31-07-23-311.jpg

Gimana serunya menyelam bareng ikan – ikan di sana?

DSCF2074
Halo, salam dari ikan yang ga bisa galau, si pari

SERUUU banget ternyata!
Sebelum kita melakukan Fun Dive ini, terlebih dahulu kita harus melakukan reservasi ke pihak Seaworld, kontak ke (021) 647-11111 karena dalam sehari cuma boleh ada 5 penyelam yang menjelajahi isi tank yang dinobatkan sebagai akuarium terbesar di Indonesia ini. Itupun biasanya dibagi 2, sesi pertama 2 orang dan sesi kedua 3 orang.

Kenapa? Supaya ga mengganggu ketentraman hidup ikan-ikan di sana.

Kebetulan kita kebagian diving di jam 14.15 WIB, kata instrukturnya waktunya PAS banget karena para ikan sudah kenyang diberi makan, jadinya mereka ga agresif. Duh, ngilu ga sih dengernya hahaha.

Sebelum mulai, kita diberikan briefing terkait berbagai perlengkapan menyelam dan kode selama berada di dalam air, untuk jaga-jaga jika terjadi hal yg tidak diharapkan, secara kita ga bisa ngobrol di air ye kan, emangnya dugong.

Selain itu, kita juga dikasih waktu untuk latihan dulu di kolam yang sudah berisi ikan pari yang cukup besar dan ikan-ikan berukuran lumayan (nakutin) lainnya. Kita juga diajarin bernafas melalui mulut. Nah, selama latihan ini gue 2x panik dan muncul kembali di permukaan, secara kalo diving beneran di laut cuma nemu ikan lucu-lucu semacem di film ‘Finding Nemo’. Lah ini?

Karena kesabaran dan kebaikan hati para instruktur di sana, Mas Fahri dan Mas Adel, gue dan teman gue yang beruntung lainnya @imammuba.rock akhirnya SIAP menuju lautan lepas, eh maksudnya masuk ke dalem akuarium Seaworld. Ditemenin kemana-mana sama instrukturnya loh selama diving, jadi aman banget. Mereka juga selalu memastikan keadaan gue baik – baik aja selama di dalam air dan ga lupa untuk mengingatkan gue secara berkala untuk melakukan yang namanya equalizing, apa tuh? Kegiatan pencet hidung dan maksa keluarin udara lewat kuping. Fungsinya apa? Untuk menyesuaikan tekanan pada rongga telinga, kan sering tuh ya kalo pas lagi nyelam, kuping sama kepala jadi sakit. Nah, di awal latihan kita akan diajarin juga nih soal ini.

Sampe di dalam laut, gue cuma berpikir kalo:
1. Gue harus kuat di air selama 1 jam, apapun yang terjadi, no turning back.
2. Jangan lupa nafas pake mulut, bukan pake hidung, karena idungnya ketutup googleΒ kan. Or gue bakal langsung ke alam lain.
3. Harus banget menikmati karena ini undangan spesial, jangan disia-siakan. Haha.

Oke, langsung masuk ke air. Byur.
Loh, kok pas di dalam air bawaannya malah tenang yah, seneng bangeet pas liat berbagai ikan-ikan yang jaraknya deket banget sama kita, kecuali kalo ikan-ikan gede terutama pari yang lebar banget itu mendekat, gue semacam langsung kejang – kejang tapi jaim gitu deh huehehe.

Ternyata ikan yang kelihatan pas diving itu ukurannya 30% lebih gede dibandingkan pada saat kita liat di terowongan yang ada di travelator itu loh, soalnya di situ pake cermin cekung jadi kelihatan lebih kecil.
Jeng jeng, oh begini yah rasanya ketika iman dan ketakwaan diuji..

Eh tapi kita ga perlu takut, karena selain ikan-ikan di sini sudah jinak, mereka juga punya instinct untuk menghindar kalo ketemu manusia, asal ga kita cubit – cubit manja gitu lah ya haha.

Kita juga sempet berhenti di depan tank utama dan didadah-dadahin sama anak kecil, bahkan ada yang kiss bye. Terus gue gimana? Gue dadah-dadahin dan kiss bye balik dong ahaha. Asli, gue kok berasa macem badut ancol ya. Bahkan ada yang ngajak foto bareng. Yang lebih epic, ada yang deketin handphonenya ke kaca dan ngasih tulisan, “namanya siapa?”

Duh, plis deh, itu kan muka gue ga keliatan sama sekali ya, cuma rambut gue aja yang keliatan macem kesetrum belut listrik, foto dan videonya bisa dilihat di sini nih (Klik ke samping ya buat lihat videonya). Gue yang pasang 2 jari itu lho. Haha.

Ah, pokoknya bersyukur banget bisa mampir dan main sama ikan-ikan gemess di @seaworld.ancol

Semoga ga cuma kali ini aja nih dapet undangan gratis untuk nyobain divingnya karena asli nagih, huehehe. O Iya, untuk harganya normal Fun Dive di sini terbagi dalam 2 harga. Bagi mereka yang pemula dan belum memiliki lisensi, macem gue, harganya Rp 700.000 untuk menyelam selama 1 jam, di luar waktu latihan. Sementara bagi mereka yang sudah pro dan punya lisensi diving, cuma Rp 500.000 aja. Kenapa beda? Soalnya kalo buat pemula kan lebih cape kali ya diajarin dulu dari 0 soal ini itu. hehe. Tapi tetep didampingin kok sekalipun udah punya sertifikat, jadi aman. Bahkan buat kalian yang udah pro, di sini bisa nambah cap pengalaman diving di buku menyelam (apalah itu namanya) kalian lho. hehe. Tiket fun dive ini sudah termasuk tiket masuk ke Seaworld Ancol ya. Kalau beli terpisah, tiket masuknya Rp 85.000/ orang untuk weekdays, dan Rp 105.000 / orang untuk weekend.

IMG-20180325-WA0000
Salam dari kami, diver ala ala

Kalau ada yang tanya ‘worth it ga sih harga segitu untuk nyobain fun diving di sana?’ Worth it BANGET soalnya alatnya lengkap banget, kita bener-bener tinggal bawa badan sama mental. Oh, sama bawa perlengkapan mandi (termasuk handuk) dan baju ganti sendiri. Tingkat safetynya juga mereka jaga banget, instrukturnya juga sabar, ramah dan sigap mendampingi selama sesi diving. Ditambah bisa menguji keberanian juga di saat bertemu banyak ikan – ikan gede semacam pari, hiu dan dugong, yang kalo di lautan luas kemungkinan ketemunya kecil dan bahaya kan. Sementara ikan – ikan di Seaworld ini sudah biasa ketemu sama manusia.

Bagian paling menyedihkan dari undangan Diving kemarin adalah pada saat gue menerima kembali kamera yang gue percayakan kepada petugasnya dan hasilnya blur semua karena salah gue, ga ngasih tau settingannya haha. Terus petugas ini udah inisiatif kan fotoin kita pake hapenya, cuma karena kita baru kontak dia keesokan harinya, foto kita udah dihapus dong, jadinya susah banget nemuin foto kita yang keren gitu posenya hahaha. Hasilnya cuma ada ini nih, udahlah ya percaya aja kalo itu kita. Huhu.

DSCF1995
Dari kiri ada Mas Fahri, Gue, Imam, Mas Adel di Kolam Latihan

Kita juga ga bisa ikutan Feeding Show soalnya pada saat petugas bawa makanan, ikan – ikan itu lagi super duper agresif, jadi ngeri banget pastinya. Nih penampakannya pas Feeding Show di mana ikan – ikan langsung kerumunin para petugas. Mari kita lihat lebih dekat, ember putih itu isinya makanan ikan, yang kalau ga salah salah satunya berisi ikan tuna dan ikan tongkol.

DSCF2074
Ngeri tapi kelihatan SERU kan ahaha

Mau tau lebih lanjut soal diving di Seaworld? Boleh langsung komen.

Jangan lupa ajak anak, cucu, cicit, keponakan buat mampir ke Seaworld Ancol ya, dan cobain deh diving di akuariumnya kalo emang merasa “berani” dijamin ga nyesel, malahan jadi punya pengalaman seru yang bisa dibagiin ke anak, cucu! hahaha

DSCF2009
Akuarium seru!

Let you all enjoy Seaworld Ancol (sambil mengenang masa kecil hehe)!

 

 

Atau ada yang udah pernah nyobain Fun Dive juga di sana?

Boleh dong cerita soal pengalamannya.

20180324_154235
Mohon maaf udah kucel abis diving haha

22 comments

  1. Wah rada mahal juga ya mba harganya hahaha. Btw kenapa bisa dapat undangan Mbaa?

    Oiya, gue baru tahu apa fungsi pencet-pencet idung. Artikelnya informatif mba πŸ™‚ Thx.

    Like

  2. Waaaah aku belum pernaaah, baca sharingnya mbak dessy, sebenernya aku jadi pengen. Berenang sih bisa tapi kalo bernafas melalui mulut, udah enggak kebayang duluan, karena nafasku pendek. Cuma kalo misal dikasih kesempatan, mau aja. Hehehee

    Like

    • Halo, Mbak.
      Kok sama, hehe. Aku juga nafasnya pendek Mbak, sempet give up gitu pas awal2 latihan nafas lewat mulut. Tapi ternyata bisa juga πŸ˜‚πŸ˜‚ iyaa, semoga ada kesempatan, cuss dicoba ya Mba hehe

      Like

  3. wahhh seruuu banget. sekarang masih bisa di buka untuk umum ga sih untuk bisa menyelam disana? dulu kalau ga salah masih bisa tapi itu juga sudah 10 tahun yang lalu. pengen banget cobain meyelam disana, pasti seru banget.

    Terima kasih untuk sharingnya ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s